Advertisement

Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia untuk Warga Palestina Terus Mengalir

Yosef Leon
Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia untuk Warga Palestina Terus Mengalir Perwakilan Yayasan Donasiku Peduli secara simbolis menunjukkan ilustrasi pemberian bantuan sesama kepada masyarakat di Indonesia belum lama ini. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bantuan kemanusiaan bagi warga Gaza Palestina terus digalang masyarakat seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satunya dari Yayasan Donasiku Peduli Sesama yang fokus membantu di berbagai sektor penting, antara lain kesehatan dengan menyediakan obat-obatan, alat medis, dan peralatan kesehatan untuk rumah sakit dan klinik di Palestina.

Ketua Yayasan Donasiku Peduli Sesama Gunawan Wicahyono mengatakan bantuan untuk Palestina ditujukan untuk membantu biaya pengobatan dan perawatan bagi warga yang terluka atau sakit, terutama anak-anak dan lansia. Juga bantuan pangan dan kebutuhan pokok bagi keluarga yang terdampak konflik.

Advertisement

Baca Juga: Indonesia Dorong Negara D8 Membantu Palestina

Tak hanya itu, bantuan juga diberikan untuk mendukung program pendidikan bagi anak-anak Palestina dengan menyediakan buku, alat tulis, dan perlengkapan sekolah. Memberikan beasiswa untuk siswa yang berprestasi namun kurang mampu juga diberikan oleh yayasan ini.

"Kami juga menyediakan dukungan psikososial bagi anak-anak dan keluarga yang mengalami trauma akibat konflik. Mendirikan tempat penampungan sementara untuk keluarga yang kehilangan tempat tinggal," katanya, Sabtu (29/6/2024).

Selain bantuan ke Palestina, Yayasan Donasiku Peduli Sesama juga aktif menyalurkan bantuan ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya di daerah tertinggal dan terpencil dengan membangun fasilitas dasar seperti sumur air bersih, sekolah, dan klinik kesehatan di daerah terpencil.

"Juga ketika terjadi bencana alam dengan memberikan bantuan darurat seperti makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal sementara bagi korban bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan letusan gunung berapi," ungkapnya.

Baca Juga: MUI Dorong Pemerintah RI Kirim Bantuan Militer ke Palestina

Bantuan dari masyarakat juga disalurkan untuk mendukung rehabilitasi dan rekonstruksi setelah bencana, termasuk pembangunan kembali rumah dan infrastruktur. Selain itu, juga mengadakan program kesehatan gratis seperti pemeriksaan kesehatan, imunisasi, dan operasi katarak untuk warga kurang mampu, menyediakan bantuan medis dan biaya pengobatan bagi pasien dengan penyakit kronis.

"Ada juga beasiswa kepada siswa berprestasi yang kurang mampu di berbagai daerah dan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan seperti buku, alat tulis, dan renovasi sekolah," jelasnya.

Baca Juga: AS Sahkan Bantuan Militer ke Israel, Mahmoud Abbas: Itu Bentuk Agresi ke Palestina

Gunawan menambahkan, ide awal membuat Yayasan Donasi muncul dari keprihatinan terhadap banyaknya individu dan komunitas yang membutuhkan bantuan tapi tidak memiliki akses yang memadai untuk mendapatkannya. Inspirasi ini diperoleh dari melihat berbagai kasus kemiskinan, bencana alam, dan ketidakadilan sosial yang terjadi di sekitar masyarakat.

"Para pendiri Yayasan Donasi percaya dengan adanya platform yang transparan dan terpercaya, lebih banyak orang akan tergerak untuk membantu sesama. Dengan teknologi dan kemajuan digital, mereka ingin memanfaatkan internet untuk memudahkan proses penggalangan dana dan distribusi bantuan, sehingga bisa menjangkau lebih banyak penerima manfaat," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kaesang Disurvei Paling Populer, PKB Tak Tertarik

News
| Senin, 01 Juli 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement