Advertisement

Masa Daftar Ulang Sekolah Kulonprogo, Disdikpora Tegaskan Tak Ada Pungutan

Triyo Handoko
Selasa, 02 Juli 2024 - 19:47 WIB
Ujang Hasanudin
Masa Daftar Ulang Sekolah Kulonprogo, Disdikpora Tegaskan Tak Ada Pungutan Ilustrasi daftar ulang siswa lolos PPDB Kulonprogo. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo memastikan selama masa daftar ulang sekolah di wilayahnya tidak ada pungutan atau gratis. Kini sudah memasuki hari kedua masa daftar ulang untuk SMP Negeri di Kulonprogo, Selasa (2/7/2024).

Kepala Bidang SMP Disdikpora Kulonprogo, Dorojatun Kuncoroyakti menyebut selama pantauannya ke sejumlah sekolah negeri dibawah kewenangannya diketahui proses daftar ulang berjalan lancar. "Hanya satu-dua siswa yang belum daftar ulang," ungkapnya, Selasa siang.

Kuncoro menyebut siswa yang belum daftar ulang kemungkinan karena kesibukan orang tuanya dimana masih berlangsung hingga Rabu (3/2/2024). "Kami imbau agar segera melakukan daftar ulang bagi yang belum supaya jerih payah proses PPDB [pendaftaran peserta didik baru] dapat dimanfaatkan sebaik mungkin," terangnya.

Pasalnya siswa yang sudah diterima di sekolah tujuannya melalui PPDB telah berkompetisi dengan siswa lain, menurut Kuncoro, sehingga mesti dilakukan daftar ulang. "Kami tegaskan daftar ulang juga gratis, tidak dipungut biaya apapun untuk SMP Negeri," tegasnya.

BACA JUGA: 10 SMP Negeri di Kulonprogo Kekurangan Siswa, Ini Daftarnya

Advertisement

Terhadap SMP Negeri yang daya tampungnya belum memenuhi, jelas Kuncoro, Disdikpora Kulonprogo tidak memiliki mekanisme khusus untuk memenuhinya. Kuncoro menyebut pihaknya sudah mengarahkan siswa yang belum dapat sekolah untuk mendaftar ke SMP yang masih ada daya tampungnya. "Sudah kami arahkan kemarin, sekarang sudah ditutup tidak ada mekanisme pemenuhan daya tampung lagi," terangnya.

Meskipun begitu masih terdapat sejumlah sekolah swasta, lanjut Kuncoro, yang masih membuka pendaftaran. "Bisa memilih sekolah swasta karena sekarang kualitasnya sudah merata, tidak ada yang tertinggal maka silahkan manfaatkan itu," ungkapnya.

Kuncoro menyebut pihaknya juga terus berkoordinasi dengan sekolah swasta agar dapat menampung lulusan SD di Bumi Binangun itu. "Kami ingin seluruh siswa yang ada mendapat akses ke SMP, tidak ada yang tak melanjutkan pendidikan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Disarankan Melibatkan UMKM

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement