Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: 10 Bidang Tanah di Sinduadi Sleman Diukur Ulang, Ini Penyebabnya

Sunartono
Kamis, 04 Juli 2024 - 13:57 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: 10 Bidang Tanah di Sinduadi Sleman Diukur Ulang, Ini Penyebabnya Salah satu patok yang terpasang di depan Kantor Kapanewon Depok Sleman sebagai salah satu titik terdampak pembebasan lahan Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembebasan lahan tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo menunjukkan perkembangan positif. Tim telah merampungkan pengukuran lahan terdampak pembangunan proyek di area pusat bisnis, perkantoran hingga kampus perguruan tinggi di wilayah Sleman.

Meski demikian, saat ini sedang dilakukan pengukuran ulang terhadap 10 bidang objek tanah terdampak di wilayah Sinduadi, Mlati, Sleman. PPK Tol Jogja-Solo Dian Ardiansyah memastikan proses pembebasan lahan tol Jogja-Solo untuk ruas Maguwo-Trihanggo sudah sesuai perencanaan.

Advertisement

BACA JUGA : Pertengahan Juni Proyek Tol Masuk Ringroad, Utilitas Jalan Terlebih Dahulu Akan Dipindah

Secara umum saat ini tahapan pengukuran tanah terdampak untuk proses pembebasan lahan tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo sudah terselesaikan. Hanya ada 10 bidang yang dilakukan pengukuran ulang. "Ini sebenernya sudah selesai pengukurannya, tetapi ini di Sinduadi [Mlati] ada pengecekan ulang sekitar 10 bidang," katanya Kamis (4/7/2024).

Ia mengatakan pengukuran ulang terhadap 10 bidang lahan terdampak tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo itu bukan disebabkan karena sesuatu hal. Melainkan hanya untuk memastikan akurasi objeknya saja.

"[pengukuran ulang] Untuk memastikan akurasi pengukuran objek pengadaan tanahnya. Hasil Monev tim satgas saja, pengecekan ulang saja agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari," katanya.

Dian menambahkan setelah tahapan pengukuran ini, akan memasuki tahap berikutnya yaitu pendataan bangunan dan tanaman pada lahan terdampak tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo. "Setelah ini akan dilakukan pendataan bangunan dan tanaman oleh Satgas B," ujarnya.

Harapannya pada akhir 2024 ini sudah dapat diajukan pembayaran untuk uang ganti rugi (UGR) terdampak tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo.

"Kami berharap akhir tahun ini bisa mulai pengajuan pembayaran [uang ganti rugi]," ujarnya.

Bisnis dan Pendidikan

Ruas jalan tol Jogja Solo ruas Maguwo-Trihanggo akan dibangun elevated atau melayang. Pelaksana proyek telah melakukan penyelidikan tanah dengan melakukan pengeboran lahan terdampak khususnya bagian tengah Ringroad Utara pada Maret 2023 silam. Penyelidikan tanah dilakukan untuk mengetahui daya dukung dan karateristik tanah, khususnya kondisi susunan tanah dan kekuatan lapisan tanah untuk keperluan pondasi jalan tol.

Salah satu kalurahan terdampak yaitu Maguwoharjo, dari data awal ada 245 bidang dengan luas 93.521 meter persegi lahan terdampak tol Jogja-Solo. Selanjutnya Kelurahan Condongcatur yang merupakan wilayah terdampak cukup banyak. Mulai dari Markas Polda DIY, Kampus UPN Jogja, Kampus Amikom, Stikes Guna Bangsa hingga akses masuk ke kampus Universitas Mercu Buana. Sejumlah titik pusat bisnis dan pusat perbelanjaan pun terkena dampaknya. Data awal ada sebanyak 214 bidang dengan luas sekitar 119.324 meter persegi di Condongcatur terdampak proyek jalan tol Jogja Solo ruas Maguwo-Trihanggo.

Jalan tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo ini memiliki banyak akses keluar masuk yang dikenal dengan on ramp dan off ramp. Sekadar untuk diketahui On Ramp merupakan akses untuk masuk ke jalan tol (baik ada gerbang  tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut). Sedangkan off ramp adalah akses untuk keluar jalan tol (bisa ada gerbang tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut. Baik menggunakan sistem terbuka maupun sistem tertutup.

Titik Exit Toll

Setidaknya ada empat akses keluar masuk jalan tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo yang berada di sepanjang ringroad utara, Depok, Sleman. Terdiri atas, pertama on/off ramp di kawasan Maguwoharjo yang berdasarkan peta tampak titiknya berada di sebelah utara ringroad tepatnya di Kawasan Sanggrahan sebelah barat SMK 1 N Depok.

Kedua, on/off ramp UPN, berdasarkan titik peta jalan tol Jogja-Solo ruas Maguwo-Trihanggo berada di sebelah utara ringroad atau sebelah barat Jalan Nusa Indah. Ketiga on/off ramp Monjali yang berada di sebelah utara ringroad. Adapun titiknya kemungkinan berada di tengah-tengah antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang. Keempat on/off ramp Trihanggo yang berada di simpang empat Trihanggo. Titiknya berada di sebelah utara rongroad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UMKM Daerah Mitra Kota Nusantara Difasilitasi Pinjaman Tanpa Agunan

News
| Sabtu, 06 Juli 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement