Advertisement

Ruas Maguwo-Trihanggo Tol Jogja Solo Dibangun Paling Akhir, PT JMM: Mempermudah Wisatawan ke Jogja

Sunartono
Sabtu, 08 Juli 2023 - 16:37 WIB
Sunartono
Ruas Maguwo-Trihanggo Tol Jogja Solo Dibangun Paling Akhir, PT JMM: Mempermudah Wisatawan ke Jogja Konstruksi Tol Jogja Solo di wilayah Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) memastikan pembangunan jalan tol Jogja Solo akan sesuai dengan perencanaan, ruas Maguwo-Trihanggo yang berada di Ringroad Utara Sleman akan dibangun paling akhir. Keputusan ini diambil agar akses wisatawan yang akan ke Jogja bisa lebih cepat.

Tahap I sepanjang 49,25 Km yang saat ini sedang dalam proses konstruksi terdiri dari Seksi 1 Kartasura-Purwomartani (42,37 km) ditambah sebagian dari Seksi 2.1 Purwomartani-Maguwoharjo (3,63 km) serta sebagian dari seksi 2.2 Trihanggo-Junction Sleman (3,25 km).

Advertisement

BACA JUGA : Exit Toll Jogja-YIA Dibangun di Depan Bandara

Pada awalnya tahap pertama hanya terputus di Simpang Susun Purwomartani, tetapi kemudian ditambah ke barat yaitu ruas Purwomartani – Maguwoharjo. Kemudian dilanjutkan tahap II yaitu Seksi 3 Junction Sleman-Purworejo (38,57 km) atau dikenal dengan tol Jogja-YIA.

Begitu juga dengan ruas Jogja Bawen yang saat ini sedang dibangun konstruksi dari arah Tempel, Sleman menuju Jogja juga telah berproses. Pada exit toll Kawasan Junction Sleman akan dituntaskan ke arah timur. Setelah ruas Jogja Solo dan Jogja Bawen terselesaikan, baru kemudian tahap III yaitu Seksi 2 Maguwoharjo-Trihanggo (8,75 km) dikerjakan paling terakhir.

Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur Rachmat Jesiman menegaskan pembangunan ruas Maguwoharjo-Trihanggo akan sesuai perencanaan yaitu konstruksi paling akhir. “Masih direncanakan [mulai konstruksi] di akhir, setelah Jogja Solo sampai Prambanan dan Maguwo, serta ruas Gamping ke Bandara [tol Jogja YIA] selesai,” katanya kepada Harianjogja.com, melalui sambungan telepon belum lama ini.

Ia menjelaskan salah satu alasan ruas ini dibangun paling akhir di antara ketiga ruas tol lainnya karena untuk memudahkan akses masyarakat yang akan menuju ke Jogja. Wisatawan yang akan menuju ke Jogja bisa datang dari tola Trans Jawa bisa lewat ruas tersebut yaitu Jogja Bawen, Jogja Solo dan Jogja YIA.

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Ruas Kartasura-Purwomartani Ditarget Beroperasi Fungsional Lebaran 2024

“Mengambil akses tercepat, dari Solo keluar dari tol Trans Jawa arahnya Solo ke Prambanan bisa cepat, untuk wisata pengunjung akan ke Jogja melalui bandara [YIA] juga bisa sampai cepat ke Jogja. Lebih ke teknis sebenarnya, lajur pengunjung yang akan ke Jogja baik melalui tol Trans Jawa maupun dari Bandara Kulonprogo, biar lebih cepat,” ujarnya.

Rachmat mengatakan hingga pekan pertama Juli 2023 perkembangan konstruksi tol Jogja Solo untuk ruas Kartasura-Klaten telah mencapai angka 53,42%. Angka ini masih sejalan dengan perencanaan dan ia optimistis pada 2024 mendatang ruas untuk Kartasura-Purwomartani dapat tersambung.

“Kalau saat ini memang konstuksinya baru sampia Solo sampai ke Klaten, Jogja masih berproses. Untuk konstruksi Tahap 1 seksi 1.1 mencapai 53,42 persen,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement