Advertisement

Exit Toll Jogja-YIA Dibangun di Depan Bandara, Jumlah Lahan Terdampak Bertambah Jadi Segini

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 25 Mei 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Exit Toll Jogja-YIA Dibangun di Depan Bandara, Jumlah Lahan Terdampak Bertambah Jadi Segini Warga sedang mengikuti konsultasi publik Jalan Tol Jogja-YIA di Kalurahan Kebonrejo pada Rabu (24/5/2023). - Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra mengatakan bahwa exit toll Jogja-YIA akan dibangun di utara bandara, tepatnya di Kalurahan Kebonrejo, Kapanewon Temon. Selain itu, dia juga menegaskan bahwa ada perluasan bidang tanah yang terdampak proyek jalan tol. 

"Exit toll-nya akan dibangun dekat Jalan Nasional depan bandara [YIA]. Rencanya ada dua jalur, jalur umum dan [khusus menuju YIA]," kata Rachmat.

Advertisement

Dia menjelaskan di Kalurahan Kebonrejo tercatat ada 451 bidang tanah dari empat padukuhan terdampak tol. Jumlah tersebut merupakan pembaruan dari bidang tanah awal 361 bidang.

BACA JUGA: Berada Tepat di Depan YIA, Exit Tol Jogja Solo di Kebonrejo Dibikin 2 Jalur

Diketahui, Tim Persiapan Pengadaan Lahan proyek tol Jogja-YIA terus melakukan konsultasi publik di yang menjadi syarat terbitnya izin penetapan lokasi (IPL).

Lurah Kebonrejo, Sao Wijaya W.I mengatakan bahwa exit toll akan dibangun di Padukuhan Weton yang berada tepat di utara Internasional Yogyakarta Airport (YIA).

"Semua padukuhan di Kebonrejo itu dilewati tol. Terlebih exit toll akan dibangun di depan atau utara bandara yang masuk Padukuhan Weton," kata Sao ditemui di kantornya, Rabu (24/5/2023).

Dia menjelaskan, exit toll yang berujung di depan bandara akan melintasi kantor Kalurahan Kebonrejo. Dengan begitu kantor tersebut kemungkinan besar akan dipindah. Hanya saja Sao mengatakan belum tahu calon lokasi kantor yang baru.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement