Advertisement

Pemutakhiran Data Kemiskinan Sleman Dilakukan lewat Musyawarah Padukuhan

Catur Dwi Janati
Senin, 08 Juli 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Pemutakhiran Data Kemiskinan Sleman Dilakukan lewat Musyawarah Padukuhan Wakil Bupati Sleman sekaligus Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Sleman, Danang Maharsa (kiri), saat menyampaikan arahan dalam Sosialisasi Petunjuk Teknis Musduk dan Muskal yang digelar, Senin (8/7/2024). Istimewa - Dokumen Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Upaya pemutakhiran data kemiskinan di Sleman terus dilakukan melalui sejumlah langkah.

Kali ini langkah pemutakhiran data kemiskinan dilakukan dengan sosialisasi petunjuk teknis dalam Musyawarah Padukuhan (Musduk) dan Musyawarah Kalurahan (Muskal).

Advertisement

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sleman, Mustadi, mengatakan sosialisasi menyasar perwakilan dari kalurahan dan kapanewon se-Sleman. Kegiatan ini bertujuan agar program penanggulangan kemiskinan di Bumi Sembada tepat sasaran dan tepat data.

"Dinamika perkembangan kriteria serta data yang ada di masyarakat harus terus dievaluasi sehingga musduk dan muskal ini menjadi penting," kata Mustadi di Aula Nakula Dinsos Sleman, Senin (8/7/2024).

BACA JUGA: Anggaran Pendidikan Nyasar ke Dana Desa hingga Rp346,5 Triliun, Ternyata Ini Penyebabnya

Wakil Bupati Sleman sekaligus Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Sleman, Danang Maharsa, menyatakan upaya pemutakhiran data kemiskinan di suatu lingkungan akan lebih efektif jika dilakukan oleh warga dan tokoh masyarakat di lingkungan tersebut.

Oleh karena itu, melalui musduk dan muskal ini diharapkan diperoleh data yang akurat guna mendukung upaya penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial.

"Harapannya dari musduk dan muskal data yang diperoleh adalah hasil aspirasi dari masyarakat, bukan pendataan dari Dinas Sosial, sehingga angka kevalidannya bisa bagus," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tim SAR Evakuasi Mayat Wanita Diduga Korban Diterkam Buaya

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement