Advertisement

Ritual Kenduri Suro Jadi Upaya Merawat Kali Code Jogja

Lugas Subarkah
Jum'at, 12 Juli 2024 - 07:37 WIB
Sunartono
Ritual Kenduri Suro Jadi Upaya Merawat Kali Code Jogja Warga Keparakan Lor melaksanakan ritual Kenduri Suro, Sabtu (6/7/2024). - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga Kampung Keparakan Lor, Kelurahan Keparakan, Mergangsan, Kota Jogja melaksanakan ritual Merti Kampung Kenduri Suro di Balai RW 09 pada Sabtu tanggal (6/7/2024). Kenduri Suro yang dilaksanakan ini sebagai bentuk rasa syukur warga Keparakan Lor atas nikmat kesehatan dan rejeki yang telah diterima setahun sebelumnya.

Ketua Gerakan Cinta Code dan zSekretaris Pemerti Kali Code H Harris Syarif Usman, menjelaskan ritual kampung Kenduri Suro ini rutin dilaksanakan setiap bulan Suro sejak enam tahun yang lalu dengan melarung udik-udik dan menebar ikan.

Advertisement

BACA JUGA : Mahasiswa Asing Terpukau Proses Sekolah Sungai di Kali Code

Ritual Kenduri Suro ini ditutup siang harinya, Minggu (7/7/2024) dengan diadakannya Kirab Budaya dengan membawa dua buah gunungan. “Satu gunungan berisi sayuran dan satu lagi gunungan berisi produk UMKM [Usaha Mikro Kecil Menengah] warga yang kemudian menjadi rayahan para penonton,” Kamis (11/7/2024).

Kegiatan ini menurutnya sebagai bentuk upaya warga meruwat atau memetri kali Code. Jika dijaga kebersihannya, kali code bisa menjadi tempat wisata, ditata permukimannya dengan jalan setapak atau sempadan dimana warga berkegiatan UMKM.

“Terutama UMKM kulinernya. Selain itu juga wisata jelajah Kampung Code dan susur sungai melalui Sekolah Sungai yang diminati banyak wisatawan khususnya mahasiswa Dalam negeri maupun luar negeri,” ungkapnya.

Kampung Keparakan Lor dibatasi sebelah utara ada kampung prawirodirjan, sebelah barat kampung dipowinatan, selatan kampung Keparakan kidul sedang sebelah timur ada Kali Code. “Kali Code ini sangat legendaris dengan berbagai ragam cerita seperti legenda Lampor, tapi yang pasti Kali Code menjadi Ikon kota Jogja, membelah tengah kota dan berhulu langsung ke Gunung Merapi,” ujarnya.

BACA JUGA : Warga Bantul yang Tenggelam di Aliran Kali Progo Ditemukan Meninggal Dunia

Kali code merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan keberadaan Kraton Ngayogjokarto Hadiningrat. Debit air code dikala musim penhujan naik dan seringkali menyebabkan banjir apalagi di puncak gunung Merapi masih bertumpuk sisa letusan berupa lahar dingin yang sewaktu waktu bisa terbawa ke kali code jika terjadi hujan lebat di puncak gunung Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement