Advertisement

Keren! Batik Difabel Jogja Kini Dijual di Gerai SPBU

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 12 Juli 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Keren! Batik Difabel Jogja Kini Dijual di Gerai SPBU Mulyani, salah seorang pebatik yang juga disabilitas tengah membatik, Jumat (12/7/2024). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Produk batik biasanya dipajang di galeri, ruang pameran, toko pakaian, maupun butik khusus pakaian batik. Namun, berbeda dengan batik buatan para difabel anggota Difabel Zone. Produk-produk batik Difabel Zone mejeng di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) COCO Lempuyangan.

Salah satu difabel yang juga pebatik, Mulyani mengaku beberapa produk batik tulis buatannya turut dipajang di SPBU COCO Lempuyangan.

Advertisement

Batik itu didesain dan dicanting oleh para anggota Difabel Zone. Rata-rata batik dicanting di atas kain dengan ukuran dua meter.

Motifnya pun macam-macam, mulai dari motif batik Kawung, motif Sekar Jagad, hingga berbagai motif kombinasi. Batik pun dibanderol dengan harga yang bervariasi. "Harganya mulai Rp1 juta-Rp 2,5 juta. Tergantung kerumitan motif batiknya," ujar Mulyani saat ditemui di SPBU COCO Lempuyangan yang berada di sebelah timur Stasiun Lempuyangan, Jogja.

Dia mengatakan, selama ini penjualan dilakukan secara offline dan online. Gerai kain batik tersebar di beberapa lokasi, diantaranya di Pandak Bantul dan di Bandara YIA.

Sementara, penjualan online dilakukan melalui lokapasar. Mulyani menuturkan, batik Difable Zone cukup diminati oleh masyarakat.

Dalam satu bulan setidaknya ada 10 lembar kain batik yang mampu terjual. Jika memasuki peak season seperti liburan, batik yang terjual bisa lebih dari itu.

Mulyani mengatakan pembuatan batik disesuaikan dengan masing-masing keterbatasan para difabel. "Ada yang nyanting pakai tangan kanan gemetar, lalu pakai tangan kiri. Rata-rata yang bisa membatik itu disabilitas tuli, tunagrahita, ceberal palcy. Ada yang disabilitas dari lahir dan ada juga yang kecelakaan," ujarnya.

BACA JUGA: Penyandang Disabilitas DIY Membatik Bersama di Puncak Hari Batik Nasional

Showcase batik di SPBU COCO Lempuyangan ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh PT Pertamina Retail. Ini menjadi salah satu wujud tanggung jawab sosial PT Pertamina Retail, utamanya bagi penyandang disabilitas.

Pelaksana tugas harian (Pth) Direktur Utama PT Pertamina Retail, Muhammad Fitrawan menuturkan pemberdayaan disabilitas menjadi salah satu fokus perhatiannya.

Showcase yang kemudian disebut ruang sahabat disabilitas di dalam SPBU ini terbilang baru pertama kali ada di Indonesia.

Keberadaan showcase ini menurutnya akan turut mendekatkan para pebatik disabilitas dengan para pembeli. "Ini fasilitas yang bisa dimanfaatkan, bisa digunakan oleh teman-teman difabel untuk bisa berkreasi. Ini bisa menjadi satu hub. Tidak hanya satu komunitas, tapi berbagai komunitas lainnya di DIY dan Jawa Tengah," kata Fitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement