Advertisement

Maksimalkan Pendidikan Khas Jogja, Pemda Kucurkan Danais

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 16 Juli 2024 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Maksimalkan Pendidikan Khas Jogja, Pemda Kucurkan Danais Ilustrasi dana untuk pendidikan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dana Keistimewaan (Danais) dikucurkan untuk mendukung peningkatan pendidikan di DIY. Pendidikan Khas Jogja (PKJ) yang tahun ini diselenggarakan di Bantul pun mendapat kucuran anggaran tersebut. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, Nugroho Eko Setyanto menjelaskan Danais yang digunakan untuk pendidikan tersebut masuk dalam tahun anggaran 2024.

Advertisement

Anggaran tersebut dikucurkan untuk sosialisasi dan penyediaan buku penunjang pembelajaran PKJ di DIY. "Danais dimasukkan ke anggaran Disdikpora. Nanti buku PKJ dibagikan kepada kepala sekolah," katanya, Selasa (16/7/2024).

Meski begitu, Nugroho mengaku tidak hafal jumlah anggaran Danais yang diterima untuk program tersebut.

Dia menuturkan saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait penyelenggaraan PKJ kepada semua kepala sekolah. Kemudian, menurut Nugroho, sosialiasi tersebut dapat diteruskan kepada semua guru dan siswa. 

Dia menuturkan nantinya PKJ akan diimplementasikan dalam mata pelajaran yang telah ada. "Diintegrasikan dengan muatan lokal bahasa Jawa," ujarnya.

BACA JUGA: Pertengahan Tahun Ini, Pendidikan Khas Kejogjaan Diterapkan di Seluruh Sekolah

Nugroho mengaku tahun ini Danais juga dikucurkan dalam bentuk beasiswa bagi siswa-siswi yang mengalami kesulitan ekonomi. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdkpora) DIY, Didik Wardaya menuturkan program beasiswa kartu cerdas tahun ini diselenggarakan dengan menyasar 14.500 orang siswa tingkat SMA/SMK sederajat.

Dari jumlah tersebut, ada 6.500 orang siswa jenjang SMA dan 8.000 orang siswa jenjang SMK yang akan diberikan beasiswa. "Setiap siswa nantinya akan mendapat bantuan Rp1,5 juta, yang dikirim langsung ke rekening siswa," katanya. 

Sementara Kepala SMAN 1 Bantul, Ngadiya menuturkan pihaknya mendapatkan alokasi program beasiswa pendidikan tersebut tahun ajaran 2023/2024.

Dia menuturkan pihaknya mendapat beasiswa Kartu Cerdas dan Inklusi bagi siswa berkebutuhan khusus. "Kalau untuk siswa baru belum terdata," katanya.

Sementara dia menuturkan akan kembali mengajukan beasiswa tersebut tahun ini. Dia menuturkan pengajuannya sekitar Agustus-September 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Direkrut BKKBN, Ribuan Bidan Jadi Pahlawan Cegah Stunting Serta Dapatkan Angka Kredit Profesi

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement