Advertisement

2 Keluarga Kulonprogo Siap Diberangkatkan Transmigrasi

Triyo Handoko
Selasa, 16 Juli 2024 - 16:57 WIB
Abdul Hamied Razak
2 Keluarga Kulonprogo Siap Diberangkatkan Transmigrasi Suasana seleksi dan pembekalan calon peserta tranmigrasi yang diselengarakan Disnakertrans Kulonprogo. Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program transmigrasi masih diminati warga Kulonprogo dimana pada 2024 ini terdapat sembilan keluarga yang mendaftar untuk diseleksi. Padahal kuota pemberangkatan transmigrasi di Kulonprogo hanya dua keluarga.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo yang mengurusi seleksi, pemberangkatan, hingga pemnatuan transmigrasi ke daerah tujuannya ini telah melakukan seleksi pada awal Juli lalu. Seleksi yang dilakukan pada sesi terakhir ini diikuti empat keluarga, dimana tiga dari Kapanewon Kalibawang dan satu keluarga dari Kapanewon Temon.

BACA JUGA: Dua KK di Gunungkidul Lolos Tahap Pertama Program Transmigrasi

Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Kulonprogo, Fita Maharani menjelaskan pada Selasa (16/7/2024) bahwa kuota yang ada dalam pemberangkatan transmigrasi sepenuhnya jadi kewenangan pemerintah pusat. "Dari pusat disampaikan ke provinsi, lalu kami mendapat jatah dua keluarga ini," terangnya.

Kuota transmigrasi di Kulonprogo untuk dua keluarga ini kemungkinan, jelas Fita, akan bertambah. "Dua keluarga ini dari kuota murni, nanti kemungkinan ada penambahan kuota," ungkapnya.

Fita menjelaskan antusiasme warga Kulonprogo mengikuti transmigrasi cukup tinggi. Lantaran ada kepastian peningkatan taraf hidup melalui peluang ekonomi dari transmigrasi ini. "Sebelum kami memberangkatkan tentu kami memastikan dulu bahwa kesejahteraan transmigran terpenuhi di daerah tujuan, serta ada peluang-peluang lain dalam ekonomi selain pertanian," paparnya.

Sebelum diberangkatkan ke daerah tujuan transmigrasi, sambung Fita, peserta dari Kulonprogo juga akan dibekali keterampilan tambahan. "Kami fasilitasi mengikuti kursus pelatihan tambahan yang bisa diterapkan di daerah tujuan transmigrasi, seperti kursus boga sampai cukur rambut, supaya warga kami di daerah tujuan makin sejahtera," jelasnya.

Peserta transmigrasi yang terpilih oleh Disnakertrans Kulonprogo, menurut Fita, yang terbaik dan mampu memanfaatkan peluang di daerah tujuan tersebut. "Seleksi yang dilakukan dari mental, daya adaptasi, sampai keterampilan yang dimiliki supaya dapat memaksimalkan peluang yang ada," pungkasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement