Advertisement

Pemkab Bantul Dorong Kemandirian Difabel Melalui Pelatihan Ternak Bebek

Ujang Hasanudin
Kamis, 18 Juli 2024 - 12:17 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkab Bantul Dorong Kemandirian Difabel Melalui Pelatihan Ternak Bebek Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat berbicara dalam acara pelatihan ternak bebek bagi penyandang disabilitas di Celan, Trimurti, Srandakan, Bantul. - bantulkab.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul mendorong kemandirian penyandang disabilitas melalui pelatihan ternak bebek bagi Paguyuban Difabel Difa Murti Kapanewon Srandakan di Celan, Trimurti, Srandakan, Bantul.  Pelatihan tersebut digelar oleh Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Advertisement

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslihmengatakan  bahwa pemerintah daerah akan terus berupaya mendukung peningkatan kemandirian bagi komunitas difabel. Pemkab Bantul juga menyerap aspirasi dari lingkungan difabel dan untuk selanjutnya direalisasikan secara bertahap.

“Pemerintah terus melakukan upaya-upaya memberikan bantuan dan keterampilan bagi para penyandang disabilitas agar lebih produktif, mampu mandiri dan sejahtera. Pemerintah juga menyerap berbagai macam aspirasi dari lingkungan penyandang disabilitas ini untuk kemudian setahap demi setahap kita tindak lanjuti. Kegiatan program pemerintah ini terus kita tingkatkan,” katanya, Kamis (18/7/2024) dikutip dari laman resmi Pemkab Bantul.

Halim mengatakan pelatiha itu juga merupakan bagian dari optimalisasi Pemerintah Daerah dalam memberikan kesempatan penyandang disabilitas mendapatkan keterampilan, kompetensi serta penguasaan diberbagai bidang keahlian.

Kegiatan tersebut juga sesuai amanat Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016, bahwa penyandang disabilitas atau difabel berhak mendapat pelatihan, untuk meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan.

BACA JUGA: TPSS Gadingsari Penuh, Lurah Gadingsari: Sudah Tidak Ada Tempat Lagi

Sekretaris Disnakertrans Bantul, Mujahid Amrudin mengatakan kegiatan pelatihan ini diikuti oleh lima kelompok penyandang disabilitas yang terdiri dari 20 penyandang difabel. Kegiatan itu guna memberdayakan penyandang difabel agar tetap produktif ditengah keterbatasan.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk komitmen untuk memfasilitasi penyandang disabilitas agar lebih produktif dan memiliki keahlian kerja. kedua memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dalam mengelola usaha peternakan sehingga mampu berwirausaha,” terang Mujahid.

Sementara materi pelatihan terdiri dari pelatihan ternak bebek dan sosialisasi bantuan modal usaha oleh BAZNAS Kabupaten Bantul. Sementara narasumber pada pelatihan ini adalah praktisi peternakan bebek dan dari BAZNAS Kabupaten Bantul. Disnakertrans juga telah melaksanakan lima paket pelatihan bagi penyandang disabilitas di empat Kapanewon selama tahun 2024 berupa pelatihan ternak bebek, ayam dan pelatihan tata boga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement