Advertisement

Penyuluhan Hukum Diharapkan Jadi Mata Kuliah Wajib di Kampus

David Kurniawan
Senin, 22 Juli 2024 - 22:02 WIB
Sunartono
Penyuluhan Hukum Diharapkan Jadi Mata Kuliah Wajib di Kampus Kepala Kejari Sleman Bambang Yunianto saat memberikan sambutan dalam peluncuran program Jaksa Sahabat Kampus (Jabat Kampus) di Aula Kejari Sleman. Senin (22/7/2024). Harian Jogja - David Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kepala Kejaksaan Negeri Sleman Bambang Yunianto berharap penyuluhan umum bisa masuk mata kuliah di perguruan tinggi. Hal ini disampaikan saat meluncurkan program Jaksa Sahabat Kampus di Aula Kejaksaan Negeri Sleman, Senin (22/7/2024).

“Kalau bisa satu atau dua SKS untuk mata kuliah penyuluhan hukum bagi mahasiswa. Siapa tahu ini bisa diwujudkan sehingga pengetahuan mengenai kesadaran hukum di Masyarakat bisa semakin luas,” katanya.

Advertisement

BACA JUGA : Pemkot Jogja Sediakan Bantuan Hukum Gratis Bagi Warga Miskin

Menurut dia, penyuluhan hukum tidak hanya untuk yang berkuliah di jurusan hukum. Pasalnya, mahasiswa lain juga membutuhkan agar menambah wawasan berkaitan dengan hukum dikarenakan sebagai generasi muda harus memiliki pengetahuan yang luas.

Oleh karena itu, pihaknya menginisiasi program Jaksa Sahabat Kampus atau yang diistilahkan dengan Jabat Kampus. Melalui program ini, jaksa di lingkup jajaran Kejari Sleman akan mendatangi kampus-kampus untuk memberikan penyuluhan hukum.

“Temanya bisa edukasi terkait dengan seputaran hukum, tindak pidana korupsi judi online dan sebagainya,” ungkapnya.

Diharapkan dengan terciptanya sinergitas yang baik bisa semakin memperluas jangakuan dalam program Pendidikan hukum di tengah-tengah Masyarakat. Ia tidak menampik bahwa program ini juga merupakan kelanjutan dari kegiatan yang sudah berjalan bertajuk Jaksa Masuk Sekolah.

“Sosialisasi dan edukasi tentang hukum akan semakin diperluas agar Masyarakat semakin paham dan mengerti. Nanti saat program sudah berjalan di masing-masing kampus ada nomor pengampu sehingga bisa dimanfaatkan konsultasi hukum secara online,” katanya.

Mahasiswa dari Jurusan Hukum UGM, Ida Ayu Kadek Prabayanti langsung hadir dalam launching Jabat Kampus milik Kejari Sleman. Ia berharap program ini benar-benar bisa dijalankan sehingga Pendidikan maupun pengetahuan hukum di lingkungan kampus bisa terus ditingkatkan.

“Programnya bagus dan mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik,” kata Dayu, sapaan akrabnya.

BACA JUGA : Sandiaga Uno Dukung Imigrasi Menindak Tegas Wisatawan Pelanggar Hukum

Selain itu, ia juga meminta dengan program ini, maka kemudahan akses di kejari bisa diwujudkan. Pasalnya, mahasiswa yang berkuliah di hukum banyak yang mengikuti kompetisi seperti penulisan ilmiah tentang hukum, penyusunan hukum atau peradilan semu tentang simulasi persidangan butuh dukungan data pelengkap yang ada di kejari.

“Intinya dengan program Jabat Kampus maka akses untuk penelitian di kejari bisa lebih dipermudah lagi,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement