Advertisement

Tersangka Kasus Pungli Lapas Cebongan Ditetapkan, Kemenkumham DIY: Jabatan Sudah Diturunkan

Catur Dwi Janati
Senin, 22 Juli 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Tersangka Kasus Pungli Lapas Cebongan Ditetapkan, Kemenkumham DIY: Jabatan Sudah Diturunkan Foto ilustrasi, penjagaan di Lapas Cebongan, Sleman. Antara - Sigit Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Polisi resmi menetapkan satu tersangka berinisial MRP dalam kasus dugaan pungutan liar di Lapas Kelas IIB Sleman atau Lapas Cebongan. Meski belum mendapat informasi rinci terkait dengan penetapan tersangka tersebut, Kanwil Kemenkumham DIY akan mengikuti jalannya proses hukum yang berlaku.

"Karena belum mendapatkan informasi secara detail dari teman teman Polresta Sleman sehingga kami belum bisa memberikan tanggapan njih. Karena kan langkah kami yang seperti awal menyampaikan bahwasannya itu dalam proses," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Agung Aribawa, Senin (22/7/2024).

Advertisement

"Andai kata pun itu sudah ditetapkan, kami mengikuti proses hukum yang berjalan," ucap dia. 

Di sisi lain, Agung mengungkapkan saat ini yang bersangkutan telah diturunkan jabatannya. Tak hanya itu, MRP disebut Agung juga tengah menjalani pembinaan di Kanwil Kemenkumham DIY.

"Sementara [yang bersangkutan] masih di kanwil DIY, karena proses pembinaannya kan kami turunkan jabatan itu, kami copot jabatannya. Kemudian dalam proses pembinaannya sepenuhnya diserahkan oleh kantor wilayah," ungkapnya. 

Hanya saja, hingga kini Kanwil Kemenkumham DIY belum mendapatkan hasil sidang etik kepada yang bersangkutan. Pasalnya kewenangan ini ada pada ranah langsung Inspektorat Jenderal.

"Nanti kalau menang sudah ada turun hasil sidang etik hukuman disiplin kepada yang bersangkutan pastinya kami akan menyampaikan informasi. Karena kami menunggu ini kan kewenangan dari Inspektorat Jenderal ya, kaitannya penetapan status yang bersangkutan, karena proses pemeriksaan kemarin sudah berlangsung," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement