Advertisement

Apotek Diminta Jual Obat Sesuai Standar, Dinkes Kulonprogo Tingkatkan Pengawasan

Triyo Handoko
Kamis, 01 Agustus 2024 - 17:37 WIB
Sunartono
Apotek Diminta Jual Obat Sesuai Standar, Dinkes Kulonprogo Tingkatkan Pengawasan Ilustrasi obat/obatan. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 70 apotek di Bumi Binangun mengikuti bimbingan teknis yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo. Kegiatan ini untuk memastikan layanan yang diberikan apotek di Kulonprogo sesuai standar dan obat yang dijual aman untuk kesehatan.

Pengawasan Dinkes Kulonprogo terhadap obat-obat yang dijual di apotek juga ditingkatkan sesuai regulasi yang ada. Kepala Dinkes Kulonprogo, Sri Budi Utami menjelaskan pada Kamis (1/8/2024) menyebut pengawasan  peredaran obat-obatan itu rutin dilakukan.

BACA JUGA : PMI Kota Jogja Buka Layanan Apotek untuk Masyarakat

Advertisement

Sri Budi mendorong para pengusaha apotek di Kulonprogo agar meningkatkan kompetensi apoteker yang bertugas di usahanya. "Semakin kompeten maka masyarakat akan makin terbantu terutama untuk meningkatkan dan menjaga kesehatannya," katanya.

Peningkatan sarana-prasarana apotek di Kulonprogo, jelas Sri Budi, juga perlu ditingkatkan. "Agar kualitas pelayanan dapat dipertanggungjawabkan keamanannya dan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujarnya.

Dalam pengendalian dan pengawasan apotek di wilayahnya, lanjut Sri Budi, sudah sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku. "Jika tidak sesuai aturan dan ketentuan izin usahanya dapat dicabut," ungkapnya.

Pengawasan apotek di Kulonprogo, selain dilakukan Dinkes juga dibantu BBPOM. "Koordinasi dengan BBPOM di Yogyakarta juga rutin kami lakukan agar lebih cepat tanggap jika ada produk-produk kesehatan yang bisa berdampak buruk," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement