Advertisement

Mengenal Sosok Akhmad Basuki, Kandidat Peserta Pilkada Kulonprogo yang Rajin Kunjungi Angkringan

Lugas Subarkah
Jum'at, 16 Agustus 2024 - 14:47 WIB
Arief Junianto
Mengenal Sosok Akhmad Basuki, Kandidat Peserta Pilkada Kulonprogo yang Rajin Kunjungi Angkringan Akhmad Basuki. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kabar duka datang dari Kulonprogo. Salah satu tokoh yang masuk dalam bursa pencalonan bupati, Akhmad Basuki, meninggal dunia pada Kamis (15/8/2024) malam. Golkar sebagai salah satu partai yang semula hendak mengusung almarhum dalam Pilkada Kulonprogo pun kini harus mencari alternatif.

Sekretaris DPD Golkar Kulonprogo, Djuwardi membenarkan kabar ini. Dia bersama jajaran Golkar melayat ke rumah duka hingga jenazah diberangkatkan ke Cilegon. “Semalam kami melayat sampai jam 01.00 WIB, dengan keluarga kami mendoakan yang terbaik. Semoga amal ibadahnya diterima,” ujarnya saat dihubungi.

Advertisement

Kabar berpulangnya Akhmad Basuki tersiar melalui akun resmi sosial medianya. Dalam Story Instagram, akun tersebut menginformasikan Akhmad Basuki meninggal di PKU Muhammadiyah Gamping, disemayamkan di rumahnya di Pundak, Nanggulan, dan langsung diberangkatkan ke Cilegon, Banten untuk dikebumikan pada Jumat (16/8/2024) dini hari.

Akhmad Basuki meninggal pada usia 58. Ia merupakan putra daerah kelahiran Pundak, Nanggulan, Kulonprogo. Namun almarhum memiliki bisnis di Cilegon dan keluarganya di sana. “Anak dan istrinya di sana, memiliki usaha di Cilegon,” ungkapnya.

Almarhum diketahui lebih banyak berkecimpung di dunia bisnis. Djuwardi menyebutkan beberapa bisnisnya di antaranya konstruksi dan juga memiliki koneksi di tambang. Pada sektor pendidikan memiliki sekolah khusus autis di Cilegon. Lalu di bidang farmasi juga memiliki banyak apotek.

Adapun karier politiknya baru dijalankannya pada masa mendekati pilkada. Dalam organisasi kepartaian, Akhmad Basuki saat ini resmi bergabung dengan Golkar. “Dulu di Cilegon memiliki KTA Gerindra, tetapi dalam pencalonan ini mengundurkan diri dan masuk Golkar,” katanya.

Meski belum lama masuk dunia politik, namun dia melihat Akhmad Basuki memiliki potensi besar. “Popularitasnya melalui branding lewat kunjungan di pasar, angkringan. Obrolannya sangat merakyat, Responnya bagus dengan anak muda,” paparnya.

Tidak hanya Golkar, Akhmad Basuki juga semula akan didukung oleh PKB dan PAN Kulonprogo. Ia melihat almarhum memiliki kemampuan mempersatukan NU dan Muhammadiyah, sehingga tiga parpol ini mendukungnya. “Dia bisa mempersatukan kalangan Muhammadiyah dan NU,” ungkapnya.

Djuwardi menjelaskan Akhmad Basuki meninggal dunia pada Kamis (15/8/2024) pukul 21.40 WIB, di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Diduga almarhum meninggal karena serangan jantung. “Kelihatannya serangan jantung. Sebelumnya enggal ada gejala apa-apa, masih segar,” katanya.

DPD Golkar Kulonprogo sebelumnya sudah menyurvei sejumlah tokoh termasuk Akhmad Basuki dalam pencalonan pilkada. Dalam survei tersebut, dia mengungkapkan almarhum memiliki popularitas dan elektabilitas cukup tinggi.

Maka meskipun belum final, tetapi Golkar sebenarnya sudah menaruh harpan pada Akhmad Basuki. “Surveinya cukup bagus walau baru bergerak mulai April kemaren. Suaranya baik, popularitas, elektabilitas tinggi. Kemarin rencana mau kami usung,” ujar dia.

Dengan kabar duka ini, pihaknya akan mencari alternatif lainnya untuk diusung dalam pilkada Kulonprogo. “Kita mencoba melakukan upaya untuk pemenangan, tapi Alloh berkehendak lain. Kita akan refleksi lagi mencari yang match dengan visi-misi Gollkar,” ungkapnya.

Sekretaris DPC PKB Kulonprogo, Fitroh Nurwijoyo Legowo, menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya Akhmad Basuki. "Terlebih dahulu kita ucapkan belasungkawa yang mendalam untuk bapak Ahmad Basuki. Beliau orang baik dan bercita-cita baik untuk kemajuan Kulonprogo," ujarnya

Terkait dengan pencalonan, dia mengatakan akan bergerak sesuai keputusan Tim 9 PKB, yang akan menggelar rapat untuk menentukan langkah selanjutnya. “PKB tidak bisa lepas dari kebijakan Tim 9. Ini tadi sudah berkoordinasi untuk rapat dengan Tim 9,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement