Advertisement

Perubahan Konstelasi Politik, Gerindra Kembali Komunikasi dengan Partai Lain untuk Pilkada 2024

Lugas Subarkah
Rabu, 21 Agustus 2024 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Perubahan Konstelasi Politik, Gerindra Kembali Komunikasi dengan Partai Lain untuk Pilkada 2024 Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Semakin mendekati pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, berbagai dinamika politik terjadi. Beberapa partai, salah satunya Gerindra, harus berkomunikasi kembali dengan partai lain di koalisi.

Ketua DPC Gerindra Kulonprogo, Lajiyo Yok Mulyono, menjelaskan sampai saat ini pihaknya belum mendapat rekomendasi dari DPP.

Advertisement

“Karena adanya perubahan konsetelasi politik saat ini, Gerindra belum mengeluarkan rekomendasi,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (21/8/2024).

Dari DPP Gerindra Kulonprogo pun belum mengusulkan nama ke DPP, karena sampai saat ini masih terus dilakukan komunikasi politik dengan partai lainnya.

“Untuk DPP mengeluarkan rekom, acuanya sudah yang harus berpasangan. Kami baru menjalin komonikasi dengan partai yang lain,” katanya.

BACA JUGA: Viral Video Orang Meninggal Dikejar Klitih, Begini Penjelasan Polisi

Gerindra sebelumnya sudah membentuk Koalisi Kulonprogo Maju bersama PPP dan Nasdem, dengan mengusung Marija. Namun saat ini, ia mengatakan nama tersebut masih bisa berubah. “Masih belum final,” ungkapnya.

Seperti diketahui, dinamika politik terjadi di tingkat nasional maupun lokal. Di tingkat nasional, Putusan Mahkamah Konsitusi (MK) mengubah sejumlah persyaratan partai yang bisa mengusung calon. Meski demikian putusan MK ini juga belum final karena belum disahkan menjadi Peraturan KPU.

Sedangkan di tingkat lokal, salah satu bakal calon, Akhmad Basuki meninggal dunia pada Kamis (15/8/2024) sehingga mengubah konstelasi politik Kulonprogo. Akhmad Basuki sebelumnya diusulkan oleh beberapa partai walau belum final juga, diantaranya Golkar dan PKB.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Kulonprogo, Suharto, mengatakan dari DPP Golkar juga belum ada rekomendasi. DPD Golkar Kulonprogo juga belum memberi usulan nama ke DPP. “Belum. Masih proses,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement