Advertisement

Desa Cantik di Gunungkidul Bertambah Satu, Memperkuat Statistik Daerah

Triyo Handoko
Kamis, 22 Agustus 2024 - 22:37 WIB
Maya Herawati
Desa Cantik di Gunungkidul Bertambah Satu, Memperkuat Statistik Daerah Kepala Badan Pusat Statistik Gunungkidul Joko Prayitno meresmikan Kalurahan Ngunut sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik) dalam acara di Balai Kalurahan Ngunut, Kapanewon Playen, Kamis (22/8/2024). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Desa Cinta Statistik (Cantik) yang jadi program Badan Pusat Statistik Gunungkidul bertambah satu, yaitu Kalurahan Ngunut, Kapanewon Playen.

Sebelum Ngunut sudah ada tiga Desa Cantik di Gunungkidul, meliputi Kalurahan Sawahan di Kapanewon Ponjong, Kalurahan Ngoro-ngoro di Kapanewon Patuk dan Kalurahan Sidoharjo di Kapanewon Tepus.

Advertisement

Kepala BPS Gunungkidul Joko Prayitno menyebut program Desa Cantik yang dimulai pada 2021 itu untuk menguatkan desa dalam hal kemampuan pendataan, literasi statistik serta berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan statistik lainnya.

“Salah satu fungsi utama program ini adalah membentuk agen statistic,” ungkapnya, Kamis (22/8/2024). Agen statistik di tingkat kalurahan ini jadi garda depan dalam pengumpulan, penyajian dan pengolahan data sehingga data yang dikumpulkan tidak bias.

BACA JUGA: Unjuk Rasa Tolak RUU Pilkada, Ketika Tentara dan Demonstran Berbagi Rokok di Depan Gedung DPR

Melalui program Desa Cantik, literasi pemahaman berbasis data dapat dipahami oleh masyarakat maupun perangkat kalurahan. Terlebih lagi tentang pemanfaatan data untuk masyarakat itu sendiri.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Gunungkidul Eddy Praptono, yang turut hadir dalam peresmian Desa Cantik Ngunut, mengapresiasi program tersebut karena bisa menyuplai data wilayah untuk keperluan pembanguann daerah.

Data amat penting dalam perumusan pembangunan dan kebijakan, mulai dari survey inflasi dan data-data masyarakat demi pembangunan Gunungkidul. Data dari program Desa Cantik sangat diperlukan baik jumlah penduduk dan populasi kemiskinan sebagai pilar perencanaan pembangunan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement