Advertisement

Golkar Condong ke Endah-Joko, PAN Terancam Sendirian di Pilkada Gunungkidul

Triyo Handoko
Sabtu, 24 Agustus 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Golkar Condong ke Endah-Joko, PAN Terancam Sendirian di Pilkada Gunungkidul Bupati Gunungkidul Sunaryanta - ist - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Setelah PKB memastikan diri merapat ke PDIP dalam Pilkada Gunungkidul, kemungkinan besar PAN akan sendirian mengusung Sunaryanta dan Mahmud Ardi. Pasalnya DPD Golkar Gunungkidul cenderung untuk bergabung ke koalisi PKB dan PDIP untuk mengusung Endah Subekti Kuntariningsih dan Joko Parwoto.

Wakil Ketua DPD PAN DIY, Mahmud Ardi yang juga calon wakil bupati dalam Pilkada Gunungkidul ini mengaku tak keberatan jika partainya sendirian mengusungnya dan bupati petahana tersebut. Dia menjelaskan peluangnya masih sama besarnya dengan kandidat lain meskipun hanya diusung satu partai saja.

Advertisement

Ardi menerangkan partainya masih membuka komunikasi dengan Golkar untuk dapat maju bersama. "Komunikasi dengan Golkar juga masih dilakukan, harapannya bisa bersama-sama dalam Pilkada ini. Sekalipun tak bisa juga tak masalah, kami sendirian juga tetap akan maju," ujar dia, Jumat (23/8/2024).

Sekalipun sendirian maju Pilkada Gunungkidul, kata Ardi, PAN sudah memenuhi syarat untuk mengusung kandidat dalam pesta demokrasi tersebut. Lantaran PAN memiliki lima kursi DPRD Gunungkidul.

Syarat pengusungan kandidat Pilkada itu, lanjut Ardi, jika menggunakan Putusan MK No.60/PUU-XXII/2024 yang mengubah ambang batas syarat pencalonan. "Kalau aturannya pakai Putusan MK kami bisa maju meskipun hanya diusung PAN," ujarnya.

Terlebih, pasangan Sunaryanta-Ardi sudah mendapat surat rekomendasi pencalonan dari DPP PAN. "Strategi khusus pemenangan tidak ada, meskipun diusung satu partai strateginya umum saja," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Media dan Penjaringan Opini (MPO) DPD Golkar Gunungkidul, Agung Wahyudi menyebut partainya punya kecenderungan untuk mendukung pasangan Endah-Joko.

Kecondongan pilihan bergabung dengan koalisi PDIP dan PKB dalam Pilkada Gunungkidul ini lantaran DPD Golkar DIY sudah mengusulkan pasangan tersebut ke pengurus pusat partai beringin tersebut.

Agung menjelaskan dalam beberapa hari kedepan DPP Golkar juga akan memberikan surat rekomendasi ke kandidat yang akan diusung pada Pilkada Gunungkidul. "Ditunggu saja nanti rekomendasi jatuh ke siapa, tapi kalau kami di Gunungkidul condong ke pasangan Endah-Joko," ucap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement