Advertisement

Ada Proyek Tol Jogja-Solo-YIA di Simpang Empat Kronggahan, Sejumlah Rute Alternatif Disiapkan

Catur Dwi Janati
Minggu, 25 Agustus 2024 - 14:07 WIB
Ujang Hasanudin
Ada Proyek Tol Jogja-Solo-YIA di Simpang Empat Kronggahan, Sejumlah Rute Alternatif Disiapkan Suasana proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 di Tirtoadi pada Kamis (6/6/2024). - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Meski masih bisa dilewati kendaraan selama proyek Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman di area Ring Road Utara berlangsung, pihak tol telah menyiapkan sejumlah opsi jalan lain hingga rute alternatif bagi para pengendara. 

Proyek Tol Jogja-Solo-YIA Area DIY, PT Adhi Karya, Agung Murhandjanto menyampaikan selama proyek di tengah Ring Road Utara berlangsung, kendaraan masih dapat melintas di luar pagar proyek. Namun untuk memberi opsi bagi pengendara, pihak tol telah menyebar papan informasi adanya proyek di sejumlah titik. "Kita informasikan dari titik-titi terjauh gitu, alternatif jalannya," kata Agung pada Sabtu (24/8/2024).

Advertisement

"Nanti lebih kita matangkan di forum lalu lintas lagi," imbuhnya  

Sebagai gambaran awal di sebelah utara, papan informasi imbauan untuk menghindari simpang empat Kronggahan lantaran penggarapan proyek Tol Jogja-Solo-YIA akan dipasang di Jl. Magelang. Di timur, papan informasi ini juga dipasang di Jl. Solo-Jogja di sekitar Maguwoharjo. Papan informasi juga dipasang di sejumlah titik mulai dari pertigaan Maguwoharjo, ke arah Ring Road Timur. 

Sementara di sisi barat, papan imbauan ini akan dipasang dipasang di sekitaran perempatan Gamping dan perempatan Pelem Gurih. Papan informasi juga dipasang di sekitar perempatan Demak Ijo.

Pemasangan papan di lokasi yang jauh dari proyek membuat pengendara bisa memilih rute lain. Misalnya bagi pengendara dari arah Magelang yang ingin menuju Purworejo dan sebaliknya, pengendara bisa melintasi Jl. Ring Road Timur menyambung ke arah Jl. Ring Road Selatan.

BACA JUGA: Proyek Tol Jogja-Solo Sentuh Ring Road Utara Mulai September, Makan Jalan 12 Meter

Selanjutnya untuk pengendara dari arah Solo yang ingin menuju Purworejo dan sebaliknya bisa langsung melintas bia Jl. Ring Road Selatan. Sedangkan untuk pengemudi dari Solo menuju Magelang bisa melintas di Jl. Ring Road Timur menyusuri Jl. Ring Road Utara hingga berbelok ke Jl. Magelang di area Jombor.

Selain rute yang telah ada, pihak tol juga telah menyiapkan rute alternatif untuk sepeda motor dan mobil pribadi serta rute alternatif tensendiri untuk kendaraan berat.

Untuk sepeda motor dan mobil pribadi, rute alternatif yang dapat dilewati untuk menghindari proyek pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA di simpang empat Kronggahan yakni dari Jl. Magelang ke arah barat menuju Pasar Sleman, lalu ke arah Pasar Cebongan, sampai simpang Munggur menuju simpang Patukan dan tembus ke Pasar Gamping. 

Di sisi lain untuk kendaraan berat atau semua jenis truk, pengendara bisa mengambil rute alternatif dari Jl. Magelang ke simpang Denggung menuju Jl. Ring Road Utara ke arah Jl. Ring Road Selatan lalu menuju Pasar Gamping dan Jl. Wates. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement