Advertisement

Lestarikan Permainan Tradisional sekaligus Perkuat Kekompakan OPD, Disbud DIY Gelar Lomba Gobaksodor

Media Digital
Selasa, 27 Agustus 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Lestarikan Permainan Tradisional sekaligus Perkuat Kekompakan OPD, Disbud DIY Gelar Lomba Gobaksodor Paniradyo pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho, membuka lomba Gobaksodor antar OPD, di GOR Amongrogo, Selasa (27/8/2024). - ist Dinas Kebudayaan DIY

Advertisement

JOGJA—Dinas Kebudayaan DIY menggelar Lomba Gobaksodor di Gor Amongrogo, Selasa (27/8/2024). Lomba ini menjadi wadah untuk terus melestarikan permainan tradisional yang dulu kerap dimainkan anak-anak di Indonesia.

Lomba Gobaksodor yang dibuka oleh Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho tersebut akan digelar berlangsung selama tiga hari, mulai dari Senin-Rabu (27-29/8/2024). Lomba itu mempertemukan puluhan kelompok dari organisasi perangkat daerah (OPD) ini didukung sepenuhnya dengan Dana Keistimewaan.

Advertisement

Aris menjelaskan gobaksodor merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WTB) 2022. Gobaksodor mengandung unsur olahraga seperti lari dan lompat, serta mengasah kekompakan tim lewat kerja sama kelompok.

“Pemda DIY melalui Dinas Kebudayaan DIY kembali mengadakan lomba permainan tradisional gobaksodor antar-OPD Pemda DIY. Lomba gobaksodor ini merupakan salah satu wujud pelestarian budaya sekaligus agenda memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI,” ujarnya.

Permainan gobaksodor merupakan pada prinsipnya menghalangi lawan untuk mencapai garis akhir. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari setidaknya tiga orang. Satu tim sebagai penghalang dan satu tim sebagai penyerang.

Gobak sodor dimainkan pada lapangan berbentuk kotak yang pembatasnya ditandai dengan kapur. Posisi penyerang dan penjaga ditukar ketika pemain penyerang disentuh oleh pemain penghalang. Maka dalam permainan ini, kekompakan tim sangat diperlukan.

Pelaksanaan lomba ini diharapkan juga menjadi wujud guyub silaturahmi dan ajang mempererat kebersamaan antar OPD Pemda DIY. “Guna semakin meningkatkan kerja sama dan sinergitas dalam menjalankan tugas sebagai pemberi layanan kepada masyarakat,” katanya.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Sekretaris Negara RI dalam surat edaran No. B-04/M/S/TU.00.0310712024, yang menginstruksikan segenap pihak diajak untuk turut serta berpartisipasi menyelenggarakan program dan kegiatan, baik daring maupun luring untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KemenPPPA Akui Partisipasi Perempuan dalam Pilkada Masih Minim

News
| Jum'at, 13 September 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement