Advertisement

Dampak Gempa Jogja, Seorang Warga Pingsan dan 4 Rumah di Kulonprogo Rusak

Triyo Handoko
Selasa, 27 Agustus 2024 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Dampak Gempa Jogja, Seorang Warga Pingsan dan 4 Rumah di Kulonprogo Rusak Suasana penanganan BPBD Kulonprogo terhadap rumah warga yang rusak akibat gempa pada Senin malam (26/8 - 2024) yang berpusat di barat daya Gunungkidul. Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dampak gempa yang terjadi di barat daya Gunungkidul dengan kekuatan M5,8 yang mengguncang Jogja pada Senin (26/8/2024) malam menyebabkan sejumlah rumah warga di Kulonprogo rusak.

Berdasarkan data BPBD Kulonprogo pada Selasa pagi (27/8/2024) terdapat rumah warga yang rusak akibat gempa tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Data Terbaru, BPBD DIY Catat 52 Rumah, Pasar Prambanan dan Fasilitas Pendidikan Rusak Akibat Gempa Jogja

Kepala BPBD Kulonprogo, Taufiq Prihadi menjelaskan pada Selasa siang bahwa pihaknya masih melakukan asesmen untuk mengetahui sejauh apa kerusakan empat rumah tersebut.

"Kami juga masih membuka laporan masuk kalau ada warga yang mau melaporkan kerusakan rumahnya, sementara ini sampai Selasa pagi ada empat rumah warga yang terdampak," katanya.

Taufiq menyebut selain menyebabkan kerusakan bangunaun, gempa tersebut juga menyebabkan seorang warga di Kapanewon Galur pingsan. Korban pingsan ini karena terlalu panik saat terjadi gempa. "Sehingga dia menabrak tembok di rumahnya, lalu pingsan," terangnya.

Korban pingsan karena gempa di Kulonprogo ini, lanjut Taufiq, sudah ditangani kesehatannya. "Sudah membaik dan sepertinya tidak ada luka serius mungkin karena panik dan takut, sehingga kami pesan agar masyarakat tidak mudah panik saat bencana," ungkapnya.

Data BPBD Kulonprogo mencatat, sambung Taufiq, empat rumah tersebut terjadi di Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo untuk dua unit rumah, lalu satu rumah di Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, terakhir satu rumah di Kalurahan Pandowan, Kapanewon Galur.

BACA JUGA: Puluhan KK Terdampak Gempa Jogja, BPBD DIY Distribusikan Logistik

"Semua penghuni rumah sudah diberikan bantuan sembako, kalau bantuan material bangunan masih kami rembug," terangnya.

Taufiq menjelaskan anggaran penanganan bencana di Kulonprogo secara umum sendiri sangat terbatas. BPBD kini tengah mengusahakan peningkatan status tanggap bencana seorang kondisi kekeringan juga agar bisa mengakses anggaran lebih proporsional lagi dalam penanganan bencana.

Sementara itu Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo, Budi Prastawa yang bertugas melakukan asesmen dampak gempa menyebut kerusakan bangunan yang terjadi vareatif. Kerusakan yang mendominasi atap dan genteng yang jatuh dan tembok yang retak.

Budi menyebut timnya masih melakukan asesmen hingga Selasa siang ini. "Dalam penanganan pasca-gempa ini kami juga dibantu relawan dan warga sekitar, sudah ada yang menata ulang dan melakukan evakuasi puing atau atap yang rusak," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement