Advertisement

Lomba Kebersihan Pasar Rakyat di Jogja Cara Ajak Warga Pasar

Lugas Subarkah
Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:07 WIB
Maya Herawati
Lomba Kebersihan Pasar Rakyat di Jogja Cara Ajak Warga Pasar Ilustrasi sampah organik - Foto dibuat oleh AI - StockCake

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 29 pasar rakyat di Kota Jogja menjadi peserta Lomba Kebersihan Pasar yang digelar Dinas Perdagangan Kota Jogja. Manajemen pengelolaan sampah menjadi indikator lomba kebersihan ini.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani, menjelaskan melalui lomba kebersihan pasar ini, diharapkan dapat terwujud suatu ekosistem pasar yang bersih, indah, rapi dan nyaman sehingga diminati masyarakat untuk bebelanja.

Advertisement

“Diharapkan pula dapat menciptakan pasar rakyat yang mampu mengelola sampahnya sehingga memberi kontribusi bagi pengurangan sampah di Kota Jogja. Hal ini sesuai tagline Pasar Rakyat Kota Jogja, Pasare Resik, Atine Becik, Rejekine Apik, Sing Tuku Ora Kecelik,” ujarnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Bong Suwung Segera Dikosongkan, Ini Alasan PT KAI

Penilaian lomba kebersihan di 29 pasar ini sudah dimulai sejak 10 Agustus lalu dan masih berlangsung sampai dengan 28 September mendatang. Dari 29 pasar, akan diambil juara 1 sampai dengan 3m yang akan diumumkan pada Oktober 2024.

“Lomba kebersihan ini adalah bentuk penilaian kebersihan, keindahan, kerapian dan kenyamanan di tingkat pasar se-Kota Jogja sebagai wujud pengelolaan pasar rakyat yang mengikutsertakan peran seluruh stakeholder,” katanya.

Tim juri lomba kebersihan tahun ini terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan Kota Jogja, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja, Paguyuban Bank Sampah DIY, Paguyuban Bank Sampah Sehat Ceria, LSM Lestari dan Harian Bernas Jogja

Adapun tema dari lomba kebersihan kali ini disesuaikan dengan problematika yang masih menghantui dan harus dihadapi oleh Kota Jogja, yakni Semakin Sedikit Sampahnya, Semakin Bersih Pasarnya. Lomba ini mencakup empat indikator penilaian, meluputi pengurangan sampah, pemilahan sampah, pengelolaan sampah dan pengolahan sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement