Advertisement

Dinkop UKM Kota Jogja Gelar Business Matching 2024, Hadirkan IKM Bersertifikat TKDN

Media Digital
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 07:47 WIB
Sunartono
Dinkop UKM Kota Jogja Gelar Business Matching 2024, Hadirkan IKM Bersertifikat TKDN Dinkop UKM Kota Jogja menggelar Business Matching 2024 di Java Grand Ballroom, Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta, 27-28 Agustus 2024. - dok istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Dinkop UKM) Kota Jogja menggelar Business Matching 2024 di Java Grand Ballroom, Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta, 27-28 Agustus 2024. Acara bertema 'Membangun Sinergi Industri Nasional dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Rangka Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri' menghadirkan 14 Industri Kecil Menengah (IKM) bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto mengatakan sebanyak 200 peserta pengguna barang dan jasa dihadirkan. Tidak hanya dari Kota Jogja, namun juga kabupaten tetangga, hingga provinsi Jawa Tengah.

Advertisement

BACA JUGA : Dinkop UKM Yogyakarta Dorong Pertumbuhan IKM

Dia menjelaskan 14 IKM ini dipilih berdasarkan pemetaan barang-barang dan jasa yang paling dibutuhkan oleh departemen perangkat daerah, BUMN, dan BUMD. Misalnya barang elektronik, komputer, alat kesehatan, furniture kantor, hingga software.

"Ini yang kami petakan, sehingga ini yang kami undang perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang itu," ucapnya dihubungi, Kamis (29/8/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan ini memfasilitasi pertemuan langsung antara penyedia barang dan jasa lokal dengan instansi pemerintah yang membutuhkan produk berkualitas dan bersertifikat TKDN. Setelah acara ini akan dilihat sejauh mana transaksi yang ditimbulkan.

Menurutnya selama ini pengguna barang dan jasa kesulitan mencari yang bersertifikasi TKDN. Meskipun bisa mencari lewat website Kemenperin, namun di business matching ini mereka bisa bertemu langsung dengan perusahaan yang punya TKDN.

Ia menyebut rata-rata penyedia barang dan jasa ini memiliki TKDN di atas 25%. "Kemarin ditunjukan langsung ini perusahaan yang mempunyai TKDN yang ditentukan pemerintah. Harapan kami nantinya banyak yang membeli produk tersebut," jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri beberapa instansi termasuk OPD di Kota Jogja, Unit Pelaksana Teknis (UPT), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Puskesmas dan Rumah Sakit, BUMD, BUMN Perbankan, universitas, dan berbagai instansi vertikal kementerian di Yogyakarta.

BACA JUGA : Pemkab Dorong Kenaikan Transaksi UMKM melalui Katalog Elektronik Lokal

Peserta tenant yang berpartisipasi meliputi IKM unggulan seperti CV Computa, PT Aerotek Global Inovasi, Starfindo, PT Multi Modern Nusantara, Kalu Art, PT Sadamaya Graha Teknologi, PT Intisumber Hasil Sempurna Global, PT Sarana Kencana Mulya, PT Vilabs, Pusat Desain Industri Nasional dan berbagai Sentra IKM Kota Yogyakarta, yang siap menawarkan produk-produk inovatif dan berkualitas kepada para pengambil keputusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

7 Jenazah Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi, Polisi: Kami Memang Patroli Tawuran di Situ

News
| Minggu, 22 September 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement