Advertisement

Hingga Agustus 2024 Terjadi 48 Kebakaran, Damkarmat Jogja Siapkan Mas Jaka

Lugas Subarkah
Rabu, 04 September 2024 - 22:57 WIB
Maya Herawati
Hingga Agustus 2024 Terjadi 48 Kebakaran, Damkarmat Jogja Siapkan Mas Jaka Penanganan kebakaran yang dilakukan petugas Dinas Damkarmat Kota Jogja, beberapa waktu lalu. ist - Dokumentasi Damkarmat Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja mencatat sepanjang 2024 hingga Agustus telah terjadi sebanyak 48 kebakaran. Sebagai upaya antisipasi, pihaknya menyiapkan Manajemen Strategis Jogja Aman Kebakara (Mas Jaka).

Kepala Damkarmat Kota Jogja, Taokhid, menjelaskan sepanjang Januari-Agustus 2024, setidaknya sudah terjadi sebanyak 48 kebakaran di Kota Jogja. “Khusus bulan Agustus ada sembilan kejadian,” ujarnya, Rabu (4/9/2024).

Advertisement

Adapun beberapa penyebab kebakaran ini berbagai macam faktor, termasuk salah satunya adalah aktivitas pembakaran sampah. “Penyebabnya ada yang karena korsleting Listrik, pembkaran sampah dan human error seperti kompor lupa dimatikan,” katanya.

Berkaca dari pengalaman ini, ia mengimbau masyarakat agar lebih mewaspadai berbagai penyebab kebakaran di sekitarnya. “Imbauan untuk masyarakat, agar lebih bejak mengelola sampah, stop kontak jangan digunakan untuk beban alat elektornik yang terlalu banyak dan berat,” katanya.

BACA JUGA: Ini Daftar Cabai Berbagai Negara Mulai dari Paling Pedas, Cabai Rawit Indonesia Urutan Tujuh

Sebagai upaya antisipasi, Damkarmat Kota Jogja juga memiliki program Mas Jaka. Program ini melibatkan partisipasi masyarakat dengan dibentuknya Satgas Jogja Aman Kebakaran.

“Ini merupakan salah satu inovasi Damkarmat Kota Jogja, sebagai upaya pencegahan dengan melibatkan masyarakat Kota Jogja,” katanya.

Di samping itu, dalam Mas Jaka, Damkarmat Kota Jogja juga mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Jogja Aman Kebakaran (Si Jaka), pembentukan Forum Keselamatan Kebakaran (FKK) dan Relawan Kebakaran kawasan Gumaton.

Saat ini Damkarmat Kota Jogja memiliki 12 armada damkar dengan tipe berbeda, diantaranya dua mobil rescue, tiga mobil tangki dan kendaraan damkarmat.

“Posisinya di Kyai Mojo dan di Balaikota. Kita juga merintis di kawasan Kraton dan Malioboro penambahan pos, semoga segera terwujud,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.984 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar Sepanjang 2024

News
| Senin, 16 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement