Advertisement

Diresmikan September, Tarif Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Dibanderol Rp40.000

Catur Dwi Janati
Rabu, 04 September 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Diresmikan September, Tarif Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Dibanderol Rp40.000 Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Jogja di Boyolali, Jawa Tengah. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 1 Paket 1.1 Kartasura-Klaten direncanakan diresmikan dan mulai beroperasi akhir September. Dengan progres konstruksi yang kini nyaris menyengat angka 100%, tarif jalan tol sepanjang 22,3 kilometer ini rencananya dibanderol dengan tarif kurang dari Rp2.000 per kilometer. 

Staf Ahli Direksi PT. JMJ Bidang Pengadaan Tanah, Muhammad Amin mengungkapkan pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA ruas Kartasura-Klaten telah mendekati angka 100%. Konstruksi ruas tol tersebut, kata dia, sudah sekitar 97,3%. "Konstruksinya kalau dari Kartasura-Klaten 97,3 persen," kata Amin ditemui, Selasa (3/9/2024).

Advertisement

Rencananya, Tol Jogja-Solo-YIA ruas Kartasura-Klaten tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden pada akhir September nanti. "Jadi yang mau diresmikan Insyaallah Presiden yang ini, [ruas tol] Kartasura-Klaten rencana di akhir September ini," ucap Amin.

Bakal beroperasi sebentar lagi, Amin pun turut membocorkan kisaran tarif yang diterapkan bagi pengendara yang melintas di jalan bebas hambatan ini.

BACA JUGA: Terima Uang Ganti Rugi Tol, Warga Sendangadi Diberi Waktu 2 Bulan Kosongkan Rumah

Dengan kisaran harga Rp1.860 per kilometer, pengendara yang masuk dari Kartasura setidaknya harus mengeluarkan kocek hingga Rp40.920 untuk tembus di exit toll Ngawen di Klaten. "Sekitar 1.860 per kilometer, sekitar ya, average plus minus segitu, aku lupa angkanya. Kan satu delapan berapa gitu per kilometer ya dianggap kalau dibulatkan Rp2.000 dikali 22 kilometer berapa, Rp44.000," ujar dia. 

3 Gerbang Tol

Sebagai gambaran, Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 1 Paket 1.1 Kartasura-Klaten membentang sejauh 22,3 dari Kartasura hingga Ngawen, Klaten. Di sepanjang ruas tersebut, ada tiga gerbang tol yang bisa dilewati pengendara. 

Pertama, Gerbang Tol Banyudono di Kabupaten Boyolali yang bisa menjadi pintu opsi masuk dari arah Kartasura.

Kedua, Gerbang Tol Polanharjo yang berada Kecamatan Ceper, Klaten. Lalu ketiga ada gerbang tol Klaten yang berada di Kecamatan Ngawen, Klaten yang bisa menjadi pintu keluar pengendara yang masuk dari arah Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement