Advertisement

Ini Nama yang Diusulkan Gerindra dan PKB untuk Mengisi Pimpinan DPRD Sleman

David Kurniawan
Jum'at, 06 September 2024 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Ini Nama yang Diusulkan Gerindra dan PKB untuk Mengisi Pimpinan DPRD Sleman Gedung DPRD Sleman. - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kesekretariatan DPRD Sleman telah menerima usulan pimpinan DPRD definitif dari PKB dan Gerindra. Meski demikian, usulan ini belum lengkap karena masih menunggu surat dari PDI Perjuangan dan PKS.

Ketua DPRD Sleman Sementara, Gustan Ganda mengatakan, untuk urusan pembentukan fraksi sudah selesai karena sudah dibentuk dalam rapat paripurna yang digelar Jumat (6/9/2024) pagi. Adapun tugas dari pimpinan sementara selanjutnya untuk memfasilitasi pengisian pimpinan definitive.

Advertisement

Ia menjelaskan, pasca-pelantikan anggota DPRD Sleman pada 12 Agustus 2024, pihaknya sudah berkirim surat ke empat partai politik untuk mengusulkan calon pimpinan definitive. Keempat partai ini terdiri dari PDI Perjuangan, PKB, PKS dan Gerindra.

Meski demikian, Gustan mengakui hingga sekarang belum semua partai meyerahkan. Pasalnya, kebijakan yang ditunjuk juga membutukan rekomendasi dari DPP di masing-masing partai politik.

“Bisanya cuman menunggu. Kalau sudah terbit kemudian diserahkan kesekretariatan,” katanya.

BACA JUGA: Resmi Terbentuk, Ini Daftar Fraksi DPRD Sleman 2024 Beserta Ketuanya

Meski demikian, ia berharap pengisian pimpinan definitf bisa segera selesai. Adapun tujuannya agar bisa melakukan pengisian alat kelengkapan dewan yang terdiri dari pimpinan komisi dan badan.

“Tapi cepat atau tidaknya juga sangat bergantung  rekomendasi dari masing-masing partai,” katanya.

Sekretaris DPRD Sleman, Muhammad Aji Wibowo mengatakan, ada empat parpol yang mendapatkan jatah pimpinan DPRD Sleman. PDI Perjuangan berhak untuk posisi ketua dan tiga wakilnya akan diisi dari PKB, PKS dan Gerindra.

Ia mengakui hingga sekarang baru PKB dan Gerindra yang mengusulkan calon wakil ketua. Untuk PDI Perjuangan dan PKS hingga sekarang belum ada surat masuk terkait dengan pengisian pimpinan dewan.

Aji menjelaskan, usulan dari PKB mengacu pada surat DPC No:1110/DPC-24.04/01/IX/2024 tentang Pengantar SK Pimpinan DPRD Sleman tertanggal 3 September 2024. Di surat ini dijelaskan bahwa Ani Martanti ditetapkan DPP PKB sebagai calon wakil ketua DPRD.

Keputusan itu mengacu pada Surat No:36006/DPP/01/VII/2024 tertanggal 19 Agustus 2024. Adapun Gerindra menunjuk Sukpatana sebagai pimpinan DPRD sebagai calon wakil ketua.

Keputusan ini berdasarkan Surat dari DPC Gerindra Sleman No:08-00331/B/DPC-GERINDRA/SLM/DIY/2024. Penunjukan ini juga mengacu pada SK DPP No:08-0120/Kpts/DPP-Gerindra.

“Baru dua partai yang menyerahkan nama untuk pengisian pimpinan DPRD Sleman definitif,” katanya.

Adapun kekurangan dari PDI Perjuangan dan PKS, pihaknya masih menunggu pengusulan dari masing-masing partai. “Kita menunggu dan kalau sudah lengkap segera dilakukan pelantikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menaker Tekankan Pentingnya Link and Match Lembaga Pendidikan dan Pelatihan dengan Dunia Usaha

News
| Senin, 16 September 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement