Advertisement

Layanan Kelompok Rentan Diperluas, Kemenag Kulonprogo Sasar Lansia

Triyo Handoko
Selasa, 10 September 2024 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Layanan Kelompok Rentan Diperluas, Kemenag Kulonprogo Sasar Lansia Suasana Bimtek pelayanan inklusif untuk kelompok lansiayang dilakukan Kemenag Kulonprogo terhadap jajaran pegawainya.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO–Kantor Kemenag Kulonprogo memperluas cakupan layanan inklusif, terutama ke kelompok rentan terutama lansia. Sebelumnya layanan inklusif fokus ke kelompok difabel.

Perluasan ini dilakukan untuk menguatkan program Layanan Efektif untuk Kelompok Rentan Kankemenag Kulonprogo (Lenteraku). Melalui bimbingan teknis (bimtek) pegawainya, Kemenag menggandeng Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL) Cabang Yogyakarta untuk memberikan pemahaman dan praktik komprehensif dalam memenuhi dan menangani hak-hak lansia.

Advertisement

BACA JUGA: Penjelasan Kemenag Soal 3.503 Jemaah Haji Khusus yang Berangkat Tanpa Antre pada 2024

Direktur IRL Yogyakarta, Dwi Endah Kurniasih menjelaskan bekal utama pegawai pemerintahan untuk dapat menangani lansia adalah mental melayani dan memahami karakteristik lansia. Ia menyebut lansia memiliki banyak hambatan dibanding kelompok masyarakat lainnya terutama dalam hal kesehatan.

Endah menerangkan kondisi lansia umumnya memiliki daya ingat yang rendah, fisiknya tak seimbang,  mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran, hingga cenderung mengurung diri. "Kondisi umumnya seperti itu, tapi perlu digarisbawahi setiap lansia punya keunikan dan tatanganya sendiri sehingga juga mesti disesuaikan dan diajak partisipasi dalam komunikasinya," paparnya.

Komunikasi yang partisipatif ini penting, menurut Endah, untuk memberikan ruang kemandirian bagi lansia terutama untuk memberdayakannya. "Jangan juga dianggap lemah, tidak bisa mengambil keputusan, dan lainnya, mereka juga perlu dihargai," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kulonprogo, Wahib Jamil menerangkan Bimtek tersebut bagian dari upayanya untuk memahami kelompok rentan dan mencari bentuk layanan yang tepat. "Agar dalam praktik yang dilakukan pegawai kami sesuai dengan yang dibutuhkan dan tetap inklusif," jelasnya.

Wahib menyebut pelatihan ini bentuk komitmen Kemenag Kulonprogo yang ingin terus inklusif terhadap semua kelompok masyarakat. "Evaluasi juga akan terus kami lakukan agar dalam kenyataannya yang sehari-hari dihadapi pegawai kami juga dapat disesuaikan dengan prinsip inklusivitas, kedepan juga akan diperluas cakupannya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kisruh Kadin, Jokowi Buka Pintu untuk Kubu Anindya Bakrie dan Arsjad Rasjid, Dengan Syarat...

News
| Selasa, 17 September 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement