Advertisement

Satu-satunya di Indonesia, RS Ini Dilengkapi Mini Zoo Dekat Ruang Pasien Anak

Sunartono
Selasa, 17 September 2024 - 00:57 WIB
Sunartono
Satu-satunya di Indonesia, RS Ini Dilengkapi Mini Zoo Dekat Ruang Pasien Anak Foto ilustrasi anakk-anak bermain di Mini Zoo. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rumah sakit dilengkapi dengan fasilitas alat kesehatan sudah hal biasa, namun rumah sakit dilengkapi dengan kebutuhan hiburan yang memadai masih jarang ditemukan. Apalagi fasilitas itu anti mainstream berupa kebun binatang mini atau mini zoo dan jarang ditemukan di rumah sakit lain.

Adalah RS JIH Jogja memfasilitasi mini zoo pada Gedung Pediatric Tower. Rumah sakit ini menjadi satu-satunya yang memiliki mini zoo dengan koleksi beragam di Indonesia. Lokasi mini zoo bukan di luar gedung, melainkan berada dalam gedung tepat di samping ruang pasien anak lantai 3. Bahkan terdapat dua hingga tiga ruangan pasien anak yang jendelanya langsung terhubung dengan mini zoo.

Advertisement

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Alat Pemantau Saturasi Oksigen dan Tekanan Darah

Terdapat sejumlah binatang yang menjadi koleksi mini zoo rumah sakit swasta tipe B ini. Terdiri atas Burung African Grey, Musang Akar, Ular Platinum Nyam-Nyam, Kura-Kura Sulcata, Kelinci Holland Lop hingga Iguana Blue. Binatang-binatang ini diberikan tempat khusus disertai dengan pendamping yang berkompeten di bidangnya. Selain itu bisa diakses semua pasien.

"Kami belum memastikan apakah ini satu-satunya di Indonesia, yang jelas saya melihatnya di Australia ada mini zoo, unik sehingga apa yang baik itu bisa kita terapkan," kata. Direktur RS JIH Sari Kusumastuti, Senin (16/9/2024).

Alasan menghadirkan mini zoo karena anak lebih senang dengan binatang. Harapannya anak menjadi lebih bahagia sehingga penyembuhan lebih cepat. Ia memastikan mini zoo tersebut aman karena bekerja sama dengan pihak ketiga yang sudah profesional. Setiap hari ada petugas yang memberikan makan binatang, membersihkan kandang.

"Dengan keunikan ini kami berharap pasien datang bisa menikmati layanan ini dan cepat sembuh," ujarnya.

Pembangunan pediatric tower itu sendiri karena tingginya angka peningkatan pasien anak. Dari total pasien rumah sakit sepertiga di antaranya dari kalangan anak. Oleh karena itu pediatric ini dilengkapi dengan 13 dokter anak konsultan yang ahli di bidang masing-masing.

BACA JUGA : Jumlah ODGJ di Kota Jogja Meningkat, Ini yang Dilakukan Pemkot

"Sehingga ketika ada pasien anak dengan berbagai penyakitnya bisa tertangani dengan segera," kata Komisaris Utama Unisia Medika Farma Budi Mulyono.

Adapun pediatric tower ini terdiri atas enam lantai dengan 42 tempat tidur dilengkapi dengan layanan NICU, PICU, poliklinik laboratorium, farmasi terpadu. play ground dan penerapan teknologi canggih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement