Advertisement

Mesin Pengolah Sampah Sempat Rusak, Pemkot Jogja Kembali Maksimalkan Pengangkutan Sampah

Alfi Annisa Karin
Rabu, 18 September 2024 - 17:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Mesin Pengolah Sampah Sempat Rusak, Pemkot Jogja Kembali Maksimalkan Pengangkutan Sampah Instalasi mesin pengolahan sampah di TPS3R Kranon - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Mesin pengolahan sampah di TPS3R Nitikan dan Kranon Kota Jogja sempat mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan pengolahan sampah di dua lokasi itu tak optimal.

Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja Ahmad Haryoko tak menyebut secara rinci apa saja kerusakan yang terjadi pada mesin pengolah sampah itu. Dia hanya mengatakan, mesin rusak dan membutuhkan suku cadang.

Advertisement

Di sisi lain, ada juga mesin yang sementara berhenti beroperasional. Namun, saat dikonfirmasi Haryoko mengatakan mesin itu sudah diperbaiki. “Sudah (perbaikan), untuk yang di Nitikan sudah operasional,” kata Haryoko melalui pesan singkat, Rabu (18/9/2024)

BACA JUGA: Muara Kali Progo Dibersihkan, Rencananya Bakal Melibatkan Pandawara Group

Haryoko mengatakan DLH Kota Jogja tetap akan berkomitmen untuk mengangkut sampah yang terus menumpuk di depo-depo sampah. Namun, ini tetap akan dilakukan secara bertahap. Kendala tak hanya dari sisi rusaknya mesin pengolah sampah saja. Namun, DLH juga memiliki keterbatasan armada pengangkut sampah.

“Baik pengangkutan maupun pengolahan belum berjalan secara optimal. Namun, perlahan tumpukan sampah kami upayakan minimalisir terus,” tuturnya.

Saat ditemui beberapa waktu lalu, Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto mengatakan pihaknya tak tinggal diam. Sebanyak 200 ton yang diproduksi setiap harinya di Kota Jogja terus diupayakan untuk bisa sepenuhnya diolah.

Terkait dengan menumpuknya sampah di depo, Sugeng menyebut itu merupakan hal yang wajar. Sebab, keberadaan depo memang merupakan tempat untuk menyimpan sampah sementara sebelum dilakukan pengolahan.

“Depo kan memang transit poin. Depo memang harus ada sampah. Kalau depo gaboleh buang sampah sementara, sampah malah ada di jalan. Jadi yang terjadi itu dan kami Pemkot sudah buktikan kita sudah pernah mengosongkan depo,” ungkapnya. 

Untuk diketahui, Pemkot Jogja masih berfokus pada 4 lokasi TPS3R, yakni TPS3R Nitikan, Kranon, Karangmiri, dan lahan pinjam pakai di Piyungan dalam hal pengelolaan sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dikunjungi Ridwan Kamil-Suswono, Ini yang Dijanjikan SBY

News
| Kamis, 19 September 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement