Advertisement

Hari Ini Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

Ujang Hasanudin
Kamis, 19 September 2024 - 09:57 WIB
Ujang Hasanudin
Hari Ini Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten Gerbang tol Banyudono, Boyolali, Jawa Jengah yang akan diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (19/9/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di wilayah Jawa Tengah hari ini, Kamis (19/9/2024). Agenda kunker tersebut salah satunya adalah meresmikan jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasuro-Klaten.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangannya mengatakan peresmian Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten dipusatkan di Banyudono.

Advertisement

"Peresmian tersebut dipusatkan di Gerbang Tol Banyudono, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Sebelum meresmikan Jalan Tol Jogja Solo, presiden dijadwalkan menghadiri pembukaan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII di salah satu hotel di Kota Surakarta.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja kali ini, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Klaten Diresmikan Besok, Ini Serangkaian Tes Uji Laik yang Dilakukan

Sementara itu, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) memastikan infrastruktur tol Jogja-Solo aman digunakan oleh pengguna jalan. Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi yang dikantongi Tol Jogja-Solo segmen Kartasura-Klaten menjadikan jalan bebas hambatan sepanjang 22,3 kilometer itu tak hanya sudah bisa digunakan tetapi juga aman dilewati para pengendara.

Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah menjelaskan uji laik fungsi menjadi tahapan krusial untuk memastikan bahwa jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 segmen Kartasura-Klaten telah memenuhi seluruh spesifikasi teknis yang diperlukan.

Rangkaian uji laik fungsi yang dilaksanakan sejak 11-13 September 2024. Hasilnya Tol Jogja-Solo segmen Kartasura-Klaten resmi mengantongi Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi yang menjadi bukti jika jalan tol telah memenuhi standar keselamatan, teknis dan operasional.

"Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten telah melalui seluruh tahapan penilaian laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol," kata Rudy dalam rilis yang diterima pada Rabu (18/9/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,3 Guncang Kota Padang Sidempuan

News
| Jum'at, 20 September 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement