Advertisement

Festival Rawat Jagat Digelar untuk Melestarikan Seni Tradisi hingga Menjaga Lingkungan

Sunartono
Kamis, 19 September 2024 - 23:27 WIB
Sunartono
Festival Rawat Jagat Digelar untuk Melestarikan Seni Tradisi hingga Menjaga Lingkungan Foto ilustrasi kegiatan seni budaya. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Festival Rawat Jagat akan digelar di Pacitan, Sabtu (21/9/2024). Kegiatan ini melibatkan seniman, pelaku UMKM hingga pegiat lingkungan.

Panitia Kegiatan dari Konsorsium Kangen Pacitan Abdillah Yusuf mengatakan festival ini bertujuan untuk melestarikan seni dan tradisi di Pacitan, menjaga alam, lingkungan serta untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat (UMKM).

Advertisement

"Melalui event rawat jagat ini dengan harapan banyak orang datang secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat," katanya Kamis (19/8/2024).

BACA JUGA : Mengaku Kerap Diintimidasi, PKL TM2 Minta DPRD Kota Jogja Evaluasi UPT

Rawat Jagat tahun 2024 mengangat tema Eling lan waspodo. Bermakna upaya mengajak semua masyarakat untuk menjaga keharmonisan kehidupan, menjaga alam dan lingkingan, sekaligus selalu waspada dengan segala kemungkinan ancaman bencana baik alam maupun sosial.

"Tema ini sebagai warisan dan ajaran penting leluhur agar kita selamat dari segala marabahaya. Dengan ruang budaya ini bagi anak-anak sekolah yang akan tampil merupakan aplikasi dari kurikukum merdeka," ujarnya.

Salah satu seniman Triyono menilai event rawat jagat bisa melengkapi kegiatan kebudayaan yang sudah ada sekaligus untuk mewadahi berbagai potensi masyarakat Pacitan yang belum sempat unjuk gigi.

"Rawat jagat juga menjadi sarana pembelajaran untuk generasi muda agar mau peduli serta bisa menjaga, merawat kelestarian seni tradisi dan lingkungan," ujarnya.

Salah satu hal yang menarik dari rawat jagat tahun 2024 yaitu menghidupkan kembali seni tradisi yang jarang dipertunjukan. Di antaranya tari keling dari dusun Batu Lapak, Kali Pelus yang hampir punah. Tari keling akan ditampilkan dalam rawat jagat. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi kegiatan tersebut, khususnya upaya melestarikan seni tradisi dan upaya peningkatan ekonomi warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan Tertutup, Prabowo Minta Masukan SBY Sebelum Dilantik Jadi Presiden RI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement