Advertisement

Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Keluar, Pemda DIY Imbau ASN Berhati-hati Saat Berfoto

Yosef Leon
Senin, 23 September 2024 - 14:17 WIB
Ujang Hasanudin
Nomor Urut Paslon Pilkada 2024 Keluar, Pemda DIY Imbau ASN Berhati-hati Saat Berfoto Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemda DIY kembali mengingatkan agar aparatur sipil negara (ASN) di wilayahnya untuk berhati-hati dan waspada saat bergambar pada saat acara-acara tertentu. Pose dengan menunjukkan jari dengan merujuk pada angka tertentu diminta untuk diperhatikan dengan saksama lantaran pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Pilkada telah dilakukan. 

"Kalau saya imbauannya sudah cukup dari dulu ASN harus netral sampai ke perangkat desa. Pose tertentu ya dihindari. Harus dihindari," kata Sekda DIY, Beny Suharsono, Senin (13/9/2024). 

Advertisement

Beny menyatakan, masalah pose saat ASN bergambar memang sulit diawasi. Bisa saja ketika rombongan ASN berfoto di suatu acara ada orang-orang tertentu yang menggerakkan tangan dengan merujuk pada angka tertentu, sehingga diklaim ASN itu mendukung salah satu paslon. Hal ini disebutnya tentu sulit diantisipasi. 

"Makanya ASN kami imbau harus berhati-hati. Sekarang kan sudah zaman sosial media yang penyebaran informasi sangat cepat," katanya. 

BACA JUGA: Ini Hasil Undian Nomor Urut Pasangan Calon untuk Pilkada Bantul

BACA JUGA: Pilkada Sleman: Kustini-Sukamto Nomor 1 dan Harda-Danang Nomor 2

Beny juga memastikan bahwa pengawasan akan tetap dilakukan. Di sosial media pihaknya sudah menugaskan Diskominfo DIY untuk memantau aktivitas internet dan sosial media. Ini dilakukan agar Pilkada tetap berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan netralitas ASN ditegakkan dengan optimal. 

"Kami juga kerja sama dengan Bawaslu. Kalaupun terdapat pelanggaran yang mungkin luput dari petugas silahkan melapor. Sanksi akan disiapkan di bidang kepegawaian," jelasnya. 

Terpisah, KPU DIY menyatakan proses pengundian nomor urut paslon kabupaten kota dilaksanakan pada hari ini setelah sebelumnya penetapan paslon dilakukan lewat rapat pleno yang digelar masing-masing KPU kabupaten kota. Setelah proses pengundian nomor urut Pilkada juga dilakukan deklarasi kampanye damai lantaran 25 September tahapan masuk ke agenda kampanye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pansus Haji DPR RI Sebut Menag Yaqut Mangkir 3 Kali Pemanggilan

News
| Senin, 23 September 2024, 17:02 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement