Advertisement

Sudah Dibersihkan Pemkot, Tumpukan Sampah Liar Muncul Kembali di Pasar Terban

Lugas Subarkah
Kamis, 26 September 2024 - 14:27 WIB
Ujang Hasanudin
Sudah Dibersihkan Pemkot, Tumpukan Sampah Liar Muncul Kembali di Pasar Terban Tumpukan sampah liar kembali muncul di Pasar Terban, terpantau pada Rabu (25/9/2024). - ist Forpi Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja belum lama ini membersihkan sampah liar di Pasar Terban, Jalan C. Simanjuntak, Gondokusuman. Namun tumpukan sampah liar masih saja kembali muncul di lokasi yang sama.

Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja yang memantau sejumlah titik sampah liar mendapati di Pasar Terban kembali muncul sampah liar. “Sampai kemaren [Rabu] tumpukan sampah liar masih ada,” ujar anggota Forpi Kota Jogja, Baharuddin Kamba, Kamis (26/9/2024).

Advertisement

Tidak hanya sampah liar, di sekitar lokasi Pasar Terban yang akan direnovasi tersebut juga terdapat sejumlah kendaraan roda empat maupun roda terpakir.  “Bahkan kendaraan roda empat plat merah pun terparkir di lokasi yang berada di sebelah barat SMA Negeri 6 Jogja tersebut,” katanya.

Padahal, spanduk larangan membuang sampah dan larangan parkir di lokasi itu masih terpasang oleh Dinas Perdagangan Kota Jogja. “Sampah menumpuk cukup banyak di bagian depan hingga mendekati sisi jalan. Bau menyengat tercium ketika melintasi lokasi ini,” ungkapnya.

Tidak terlihat adanya petugas yang berjaga atau mengangkut sampah-sampah tersebut. Sementara kegiatan pembangunan fisik Pasar Terban terpantau belum dimulai, baru pembongkaran bangunan lama saja yang sudah selesai.

BACA JUGA: Empat Truk Dikerahkan Angkut Sampah Liar di Terban

Merespon hal ini, Forpi Kota Jogja meminta kepada dinas terkait untuk segera melakukan tindakan preventif misalnya menutup sementara lokasi tersebut dengan seng. “Karena jika tidak segera ditutup sementara dengan seng, maka dikhawatirkan lokasi tersebut akan dijadikan lokasi pembuangan sampah liar terus-menerus dan akan muncul parkir liar di lokasi itu,” paparnya.

Selain mengganggu masyarakat di sekitar, tak jauh di lokasi tersebut terdapat sejumlah sekolah yakni SMP Negeri 8 Kota Jogja dan SMA Negeri 6 Jogja. “Jangan sampai mengganggu proses belajar-mengajar para siswa dan guru karena bau menyengat dari sampah liar yang menumpuk,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Kerja Kebersihan dan Keamanan Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja, Kelik Novidwyanto, menuturkan sampah liar di Pasar Terban sudah dibersihkan pada Jumat (20/9/2024), dengan jumlah sampah mencapai 3,5 bak truk.

Senada dengan Forpi, untuk mengantisipasi munculnya kembali sampah liar ia juga berharap dari pihak pelaksana pembangunan menutup lokasi tersebtu dan memberi penjagaan. “Seharusnya dari pihak pelaksana yang terpilih segera membuat tutup pagar seng dan menyediakan tim keamanan untuk menjaga area,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

15 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Lokasi Tambang Solok, 25 Masih dalam Pencarian

News
| Jum'at, 27 September 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement