Advertisement

Dukungan Danais Bantu Kube Lestari Budaya Sejahterakan Anggota

Media Digital
Kamis, 26 September 2024 - 22:47 WIB
Arief Junianto
Dukungan Danais Bantu Kube Lestari Budaya Sejahterakan Anggota Tangkapan layar siniar Rembag Kaistimewan bertajuk Pelestarian Budaya Jogja Melalui Kube Lestari Budaya di kanal Youtube Paniradya Kaistimewan, Kamis (26/9/2024). - Sunartono

Advertisement

JOGJA—Paniradya Kaistimewan DIY memberikan dukungan melalui penggunaan dana keistimewaan untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) Lestari Budaya. Kelompok usaha yang secara khusus membidangi produk kearifan lokal berbasis budaya ini terbukti telah memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi dan menjadi salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan.

Menariknya, selain memberikan dampak ekonomi, Kube Lestari Budaya ini ternyata menjadi salah satu aktivitas usaha yang fokus pada pelestarian budaya. Materi terkait dengan Kube Lestari Budaya ini dibahas dalam siniar Rembag Kaistimewan bertajuk Pelestarian Budaya Jogja Melalui Kube Lestari Budaya di kanal Youtube Paniradya Kaistimewan, Kamis (26/9/2024).

Advertisement

Kepala Sub Bidang Perencanaan Urusan Kebudayaan Paniradya Kaistimewan DIY Eri Nurhayati menjelaskan Kube Lestari Budaya memang berbeda dengan usaha bersama lainnya karena bentuk yang dijual lebih mengedepankan kearifan lokal.

Barang yang dijual atau diusahakan pun berbagai peranti kearifan lokal yang berpotensi dapat melestarikan budaya Jogja. Selain itu, ketika pertama kali diluncurkan pada 2021 memang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian warga yang sempat terpuruk akibat Covid-19.

Oleh karena itu, bentuk bantuan danais yang dikucurkan bukan hanya hibah melainkan juga sarana pendukung hingga pendampingan usaha. “Alhasil, program ini menjadi investasi tersendiri yang diharapkan bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi warga,” katanya, kemarin.

Berdasarkan evaluasinya, Kube yang diberikan bantuan sebagian besar berkembang. Peran serta pendamping sangat penting karena memberikan motivasi dan arahan bisnis yang tepat dan membuat pelaku usaha tidak patah semangat dalam menjalani usahanya.

Anggota Kube Lestari Budaya Linda Kurniawati mengatakan motivasi bergabung di Kube Lestari Budaya agar batik bisa berkembang serta mengaplikasikan ilmu membatik serta ingin meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan pendapatan.

“Awalnya sempat pesimistis usaha batik sulit berkembang tetapi setelah mendapatkan bantuan danais lewat Kube, saya menjadi lebih bersemangat dan akhirnya bisa berkembang dari sisi ekonomi,” ucapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komunal BPR Fair Kembali Hadir di Jakarta, Catat Tanggal dan Keunggulannya

News
| Jum'at, 27 September 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement