Advertisement

Warga Sepakati Kosongkan Kawasan Bong Suwung, Mulai Cicil Angkut Barang

Lugas Subarkah
Jum'at, 27 September 2024 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Warga Sepakati Kosongkan Kawasan Bong Suwung, Mulai Cicil Angkut Barang Suasana Bong Suwung sebelum dikosongkan, Jumat (27/9/2024). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga Bong Suwung akhirnya menyepakati untuk mengosongkan kawasan Bong Suwung. Mereka akan membongkar sendiri hunian masing-masing yang dilakukan dalam beberapa hari ini.

Dari pantauan Harian Jogja, Jumat (27/9/2024), sejumlah hunian di Bong Suwung masih berdiri dengan warga yang masih beraktivitas. Beberapa warga sudah mulai menyicil mengemasi dan mengangkut barang-barangnya.

Advertisement

Berdasarkan keterangan warga, mereka akan mulai membongkar bangunan pada Minggu (29/9/2024). Mereka juga sudah menerima sebagian uang kompensasi, yang sebagian lagi akan dilunasi oleh PT KAI setelah pembongkaran selesai.

Para penghuni Bong Suwung mau-tidak mau harus mengosongkan lokasi tempat mereka selama ini mencari nafkah, lantaran mereka selama ini hanya menempati lahan milik Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat yang dikelola PT KAI. “Pulang ke asal masing-masing, ada yang ke Sragen, Solo,” ujar salah satu warga yang tak mau disebutkan Namanya.

Pendamping hukum warga Bong Suwung, Restu Baskara, menjelaskan semua warga telah menyetujui kebijakan dari PT KAI. “Karena situasi juga sulit kan, pada akhirnya warga Bong Suwung menerima tawaran dari PT KAI. Semuanya sudah menerima,” katanya.

Adapun uang kompensasi yang diberikan dari PT KAI yakni Rp200.000 per meter untuk bangunan semi permanen dan Rp500.000 sebagai bantuan mengangkut barang-barang. “50 persen dulu tahap satunya, terus tahap duanya itu besok selasa sekaligus yang Rp500.000 itu,” kata dia.

BACA JUGA: Jumat Sore Kawasan Bong Suwung Jogja Harus Steril dari Bangunan dan Aktivitas Warga

Manajer Humas Daop 6 PT KAI, Krisbiyanto, membenarkan jika warga Bong Suwung sudah mau mengosongkan lokasi tersebut. “Mereka sudah ada kesanggupan untuk mengosongkan dengan menerima dari kami KAI, uang bantu bongkar dan angkut,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT KAI memberi waktu warga untuk mengambil keputusan pengosongan Bong Suwung hingga Jumat (27/9/2024) sore. Hal ini mengacu pada surat peringatan 3 yang sudah dilayangkan dari PT KAI untuk warga sepekan yang lalu.

Adapun rencana pengosongan Bong Suwung sebenarnya sudah berawal sejak 2010. Lokasi tersebut harus dikosongkan karena masuk dalam pagar dan merupakan bagian dari emplasemen Stasiun Yogyakarta, yang harus sterol dari aktivitas penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

15 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Lokasi Tambang Solok, 25 Masih dalam Pencarian

News
| Jum'at, 27 September 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement