Advertisement

74 Rumah dan 1 Gedung di Bong Suwung Bakal Dibongkar PT KAI Daop 6

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 28 September 2024 - 16:47 WIB
Maya Herawati
74 Rumah dan 1 Gedung di Bong Suwung Bakal Dibongkar PT KAI Daop 6 Lokasi Bong Suwung Jogja / ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 74 hunian plus 1 gedung pertemuan warga sepakat untuk dibongkar mengingat lokasi itu masuk dalam wilayah pagar dan termasuk dalam emplasemen PT KAI Daop 6 yang harus disterilisasi.

Pembongkaran ini sesuai kesepakatan antara PT KAI Daop 6 dengan warga Bong Suwung beberapa waktu lalu.

Advertisement

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Krisbiyantoro mengatakan masing-masing pemilik hunian mendapatkan kompensasi untuk melakukan pembongkaran.

Kris, sapaannya, mengatakan besar kompensasi itu bervariasi. Ada yang mendapatkan kurang dari Rp 2 juta hingga rata-rata mendapatkan Rp 7 juta hingga Rp 8 juta perhunian. Kris mengatakan kesanggupan pembongkaran telah diputuskan pada 27 September 2024.

"Sebelum itu, ternyata warga sudah sepenuhnya merapat ke kami menyatakan kesanggupannya dan kami memberikan waktu untuk bongkar paling lambat tanggal 2 Oktober," ujar Kris di Stasiun Tugu Jogja, Sabtu (28/9/2024).

BACA JUGA: 75 Juta Gen Z Indonesia Bisa Kesulitan Keuangan Gegara Tren YOLO dan FOMO

Kris menambahkan setelah Bong Suwung disterilisasi, PT KAI masih akan melakukan tahapan pembersihan atau normalisasi emplasemen (ruang terbuka dengan banyak rel kereta api yang berfungsi untuk bongkar muat).

Terkait dengan rencana pemanfaatan emplasemen ke depan, Kris mengatakan itu menjadi bagian rencana jangka panjang yang nantinya akan dibahas bersama dengan jajaran Pemkot Jogja.

Di sisi lain, Kris meyakini warga akan menjalani kesepakatan yang telah disepakati bersama. Dia memastikan sterilisasi tak hanya dilakukan di Stasiun Jogja, tetapi juga di stasiun lainnya di wilayah Daop 6. Ini merupakan bentuk komitmen PT KAI untuk menciptakan keamanan.

"Tentunya sterilisasi akan dilakukan di Daop 6 di berbagai stasiun lainnya, tapi tentunya bertahap. Kami harus mengurus administrasi atau tahapan yang sesuai dengan aturan yang berlaku," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewan Pengawas, Jubir Pastikan Akan Ada Tindak Lanjut

News
| Sabtu, 28 September 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement