Advertisement

Sewa Aset Daerah Kini Bisa Menggunakan QRIS

Lugas Subarkah
Minggu, 29 September 2024 - 16:07 WIB
Sunartono
Sewa Aset Daerah Kini Bisa Menggunakan QRIS Ilustrasi pengguna QRIS Livin' Mandiri di salah satu merchant. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Transaksi sewa aset daerah di Kota Jogja saat ini bisa menggunakan QRIS. Pemkot Jogja menginisiasi QRIS Sewa Aset sebagai upaya mendorong percepatan implementasi digitalisasi ekosistem keuangan daerah.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Rr Andarini, menjelaskan di Kota Jogja sewa aset daerah dapat di-ekstensifikasi dalam mengoptimalkan pendapatan bagi daerah. Sewa aset daerah, seperti penggunaan gedung, tanah dan fasilitas milik pemerintah, dapat menjadi sumber pendapatan alternatif yang signifikan.

Advertisement

BACA JUGA : Bayar Parkir di dua Lokasi Ini Kini Pakai QRIS Tanpa Ada Petugas Penjaga

“Digitalisasi transaksi pemerintah daerah bukan hanya soal mempermudah pembayaran, namun juga soal transparansi dan akuntabilitas. Melalui QRIS Sewa Aset, harapannya proses yang sebelumnya manual dan memakan waktu dapat disederhanakan menjadi lebih praktis dan efisien sehingga memudahkan masyarakat,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Dengan sistem pembayaran yang terintegrasi secara digital, catatan transaksi dapat tercatat secara lebih baik, meminimalisir potensi kesalahan maupun kebocoran, dan memungkinkan pemerintah untuk melakukan monitoring secara real-time.

Pihaknya mengungkapkan dengan menggunakan QRIS Sewa Aset, masyarakat dapat memanfaatkan aset-aset milik daerah dengan melakukan pembayaran secara cepat dan aman melalui ponsel. Sistem dapat diakses mulai 1 Oktober 2024 untuk kategori lapangan dan gor.

BACA JUGA : QRIS Melonjak, Transaksi ATM Menurun Dratis di 2024

Penjabat Walikota Jogja, Sugeng Purwanto, mengapresiasi BPKAD Kota Jogja yang terus memberikan inovasi untuk memberikan pelayanan efektif dan efisien bagi masyarakat. Dengan berbagai inovasi ini realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) diharapkan melampaui target.

“Realisasi PAD Kota Jogja tahun 2023 adalah sebesar Rp803 milar, atau tercapai lebih 115,59 persen dari target realisasi yang ditentukan. Selanjutnya, kita memiliki tantangan memaksimalkan potensi PAD yang ada, karena tahun ini target kita Rp1 triliun,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kiai Tebuireng: Warga NU Harus Merawat Semangat Juang Hasyim Asy'ari

News
| Minggu, 29 September 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement