Advertisement

Bayar Parkir di dua Lokasi Ini Kini Pakai QRIS Tanpa Ada Petugas Penjaga

Yosef Leon
Senin, 02 September 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Bayar Parkir di dua Lokasi Ini Kini Pakai QRIS Tanpa Ada Petugas Penjaga Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY menerapkan pembayaran dengan sistem QRIS secara mandiri oleh pengendara di tempat khusus parkir (TKP) Ketandan dan Beskalan mulai Senin (2/9/2024). Hal itu bertujuan untuk mengenalkan digitalisasi kepada masyarakat dan mempermudah pembayaran yang ada di lokasi parkir.

Kepala UPT Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran (BPTPAR) Dinas Perhubungan DIY, Agnes Dhiany Indria Sari menjelaskan pembayaran dengan sistem QRIS sudah diterapkan lama tetapi masih menggunakan bantuan petugas. Sekarang semuanya sudah dilakukan oleh masyarakat sendiri. 

Advertisement

"Kami juga telah memberikan waktu kepada masyarakat untuk beradaptasi dari pembayaran tunai yang ada penjaganya kemudian tidak ada penjaganya dan para masyarakat akan membayar sendiri atau bertransaksi sendiri," katanya. 

Menurut Agnes, pembayaran parkir dengan QRIS ini memiliki keunggulan tersendiri. Pasalnya, transaksi yang dilakukan oleh masyarakat itu bisa lebih transparan, sehingga dengan transaksi yang melibatkan personal atau uang tunai itu akan digeser oleh teknologi.  "Sekarang baru diterapkan di Ketandan dan Beskalan," jelasnya. 

Meski baru hadir dua lokasi tetapi Agnes berharap dengan adanya penerapan untuk pembayaran parkir dengan QRIS ini bisa mempermudah, memperlancar, memberikan kecepatan, dan kenyamanan bagi para masyarakat. "Rencana akan kami perluas juga di tempat parkir lainnya, seperti di parkiran Adisutjipto, Terminal Jombor, dan Terminal Wates," jelasnya. 

BACA JUGA: Pengguna QRIS di DIY Capai 821 Ribu hingga Januari 2024

Sekda DIY, Beny Suharsono mengatakan perkembangan teknologi digital saat ini telah membawa banyak perubahan, termasuk dalam sistem pembayaran, sehingga penggunaan QRIS sebagai pembayaran digital yang ada di Jogja telah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan.  "Hingga Agustus ini di Jogja telah ada sebanyak lebih dari 1 juta pengguna aktif QRIS," katanya. 

Menurut Beny, dengan banyaknya penggunaan QRIS di wilayah setempat menandakan bahwa masyarakat semakin terbuka dan menerima kemudahan yang ditawarkan oleh pembayaran digital.

Harapannya tidak hanya kemudahan dalam bertransaksi yang dirasakan tetapi juga peningkatan dalam transparasi dan efisiensi ekonomi.  "Perluasan transaksi QRIS juga sejalan dengan upaya Pemda DIY untuk mewujudkan smart province di Jogja. Di mana seluruh aspek kehidupan masyarakat dapat terintegrasi dengan teknologi digital yang memudahkan dan meningkatkan kualitas hidup.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan Tertutup, Prabowo Minta Masukan SBY Sebelum Dilantik Jadi Presiden RI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement