Advertisement

RSUD Panembahan Senopati Bantul Bakal Menerapkan Kelas Rawat Inap Standar pada Juni 2025, Ini Persiapan yang Dilakukan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 30 September 2024 - 22:27 WIB
Abdul Hamied Razak
RSUD Panembahan Senopati Bantul Bakal Menerapkan Kelas Rawat Inap Standar pada Juni 2025, Ini Persiapan yang Dilakukan RSUD Bantul-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul masih berupaya memenuhi syarat untuk penerapan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS). Hal itu untuk memenuhi target pemerintah pusat berencana menerapkan KRIS secara bertahap tahun 2025.

Kepala Bidang Pelayanan Medik, RSUD Panembahan Senopati Budi Nur Rokhmah menyampaikan rumah sakit plat merah itu terus berupaya memenuhi 12 indikator KRIS. Dari 12 indikator tersebut, pihaknya baru memenuhi dua indikator. "Indikator yang telah terpenuhi yaitu ruangan telah terbagi atas jenis kelamin, usia dan jenis penyakit," katanya, Senin (30/9/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Tunggu Izin Kraton Jogja, Gumuk Pasir Parangtritis Segera Dipasang Patok

Selain itu, indikator lain yang telah terpenuhi yaitu tempat tidur dapat disesuaikan dengan minimal 2 crank dan ada tempat tidur bed rel yang dipasang. "Kami masih mengupayakan agar indikator lainnya dapat terpenuhi. Kami sedang berproses memenuhi 12 persyaratan KRIS," ujarnya. 

Tahun ini, RSUD Panembahan Senopati Bantul merenovasi dua bangsal dan awal tahun depan akan kembali merenovasi dua bangsal lainnya. Penerapan KRIS nanti, lanjutnya, membuat jumlah tempat tidur di RSUD Panembahan Senopati berkurang. Nantinya, tempat tidur untuk rawat intensif hanya terdapat 254 unit dari sebelumnya 267 unit. 

Menurut Budi, RSUD Panembahan Senopati juga akan merampungkan pembangunan gedung instalasi maternal perinatal tahun depan. Menurutnya, penggunaan gedung tersebut akan menambah sekitar 20 tempat tidur. "Harapannya pada 30 Juni 2025 sudah siap [untuk menerapkan] KRIS," ujarnya. 

BACA JUGA: NPC Bantul Kirim 33 Atlet di Peparnas 2024

Sementara Direktur RSUD Panembahan Senopati, Atthobari menyampaikan untuk meningkatkan pelayanan di RSUD Panembahan Senopati, pihaknya tengah memperluas gedung untuk pelayanan ibu dan anak. Perluasan tersebut dilakukan dengan menambah lantai 2 dan 3 gedung pelayanan. 

Perluasan gedung tersebut dialokasikan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai Rp13 miliar. Perluasan gedung tersebut ditargetkan akan rampung pada akhir 2024. “Harapan kami gedung terpadu, komunikasi, koordinasi dan pelayanan ibu dan anak lebih terpadu. Pelayanan kegawatdaruratan menjadi lebih tepat,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelidikan Kasus Wakil Ketua KPK Alex Marwata oleh Polisi, Ini Tanggapan Lembaga Antirasuah

News
| Senin, 30 September 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement