Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Jogja-YIA Kulonprogo: Ini Penyebab Harga Tanah di Karangsari & Pengasih Naik 3 Kali Lipat

Triyo Handoko
Senin, 30 September 2024 - 13:07 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Jogja-YIA Kulonprogo: Ini Penyebab Harga Tanah di Karangsari & Pengasih Naik 3 Kali Lipat Aktivitas recompact timbunan STA 57625 di salah satu lokasi penggarapan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman. - Istimewa/PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Warga terdampak proyek tol Tol Jogja-Solo Ruas Jogja-YIA Kulonprogo diprediksi akan mendapatkan ganti rugi tiga kali lipat dari harga normal lahan miliknya. Musababnya penghitungan harga tanah tersebut menggunakan nilai immaterial yang turut dipertimbangkan dalam menentukan besaran nominal.

Salah satunya terjadi di lokasi pembebasan lahan Tol Jogja-Solo Ruas Jogja-YIA Kulonprogo tepatnya Desa Karangsari dan Desa Pengasih Kapanewon Pengasih, Kulonprogo. Di wilayah ini setidaknya ada 102 bidang lahan terdampak yang harus dibebaskan untuk proyek tol.

Advertisement

BACA JUGA : Pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA di Sleman Kian Masif, Begini Tahapan Pengerjaannya

Terdiri atas Padukuhan Derwolo dengan lahan terdampak 24 bidang tanah dan Tanjung ada 14 bidang tanah terdampak. Sedangkan di Kalurahan Karangsari dilakukan di Padukuhan Cekelan dengan lahan yang akan dibebaskan untuk Tol Jogja-Solo ruas Jogja-YIA Kulonprogo sebanyak 64 bidang tanah.

"Rata-rata harga ganti rugi tersebut tiga kali lipat dari harga pasarannya. Kenaikan harga tanah sebanyak itu disebabkan karena menghitung nilai immaterial lahan tersebut," kata Ketua Satgas B Pengadaan Tanah Tol Jogja-Solo ruas Jogja-YIA Kulonprogo.

Adapun nilai immaterial lahan untuk Tol Jogja-Solo ruas Jogja-YIA Kulonprogo ini berkaitan dengan berbagai aspek. Mulai dari lama tinggal warga, nilai usaha tanah, hingga ikatan emosional pemilik pada lahan terdampak. "Dengan ,empertimbangkan nilai immaterial itu maka rata-rata kenaikan harga lahannya sekitar tiga kali lipat," katanya

Contohnya Padukuhan Derwolo yang jauh aksesny jalan harga pasarannya hanya sekitar Rp300 ribu per meter. Namun setelah dibebaskan untuk proyek Tol Jogja-Solo ruas Jogja-YIA Kulonprogo harganya naik tiga kali lipat menjadi Rp1 juta per meter.

Kenaikan harga lahan sebesar tiga kali lipat untuk Tol Jogja-Solo ruas Jogja-YIA Kulonprogo inilah yang menyebabkan seluruh warga terdampak di Kalurahan Pengasih menerimanya. "Semuanya menerima nilai ganti rugi tersebut, proses musyawarah kemarin berjalan lancar tidak ada yang menolak," ujarnya.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo-YIA ruas Purwomartani-Maguwo Mulai Digarap, Ini Dia Skemanya

Proses pencairan ganti rugi proyek pembebasan lahan Tol Jogja-Solo ruas Jogja-YIA Kulonprogo, lanjut Ade, selanjutnya menunggu proses verifikasi Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). "Sambil menunggu proses dari LMAN kami minta agar warga terdampak [pembebasan lahan]  bisa mempersiapkan administratifnya secara lengkap dulu agar prosesnya lancar kedepan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DPR Sahkan RUU Paten Jadi Undang-Undang, Masa Tenggang Publikasi Ilmiah Diperpanjang Jadi 12 Bulan

News
| Senin, 30 September 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement