Advertisement

Baznas Bantul Salurkan Zakat, Infaq dan Sedekah Senilai Rp3,1 Miliar

Jumali
Rabu, 02 Oktober 2024 - 15:07 WIB
Sunartono
Baznas Bantul Salurkan Zakat, Infaq dan Sedekah Senilai Rp3,1 Miliar Baznas - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bantul  mengklaim telah menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah senilai Rp 3,1 miliar. Dana tersebut adalah dana yang terkumpul dari awal tahun hingga September 2024.

Ketua BAZNAS Bantul Damanhuri mengatakan, dana tersebut dialokasikan untuk  lima program utama, yaitu Bantul Sejahtera, Bantul Cerdas, Bantul Sehat, Bantul Taqwa, dan Bantul Peduli, dengan total distribusi masing-masing program, Bantul Sejahtera (Rp427 juta), Bantul Cerdas (Rp101 juta), Bantul Sehat (Rp111 juta), Bantul Taqwa (Rp730 juta), dan Bantul Peduli (Rp1,7 miliar).

Advertisement

BACA JUGA : Gebyar Mualaf 2024 Digelar di Sleman

Pada kesempatan kali ini, kata Damanhuri, BAZNAS Kabupaten Bantul juga akan mentasarufkan kurang lebih Rp1,5 miliar untuk bantuan santripreuner (Rp60 juta), bantuan UKM (Rp75 juta), bantuan untuk 6 Rumah Tidak Layak Huni (Rp125 juta), pelatihan barista (Rp60 juta), pelatihan bisnis online bagi penyandang disabilitas (Rp10 juta), pengentasan stunting dan pemenuhan gizi mikro pada anak (Rp235 juta ) dan bantuan pendidikan dhuafa berprestasi bagi 1.070 siswa SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Bantul (Rp991 juta).

"Dan kami mengucapkaj terima kasih kepada ASN di Kabupaten Bantul yang telah menjadi muzaki, menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya," katanya, Rabu (2/10/2024).

Damanhuri juga mengungkapkan, ke depan target pengumpulan zakat, infaq dan sedekah setiap tahun selalu ditingkatkan. Ia berharap para muzaki di Kabupaten Bantul terus berkembang hingga menyentuh ke lapisan masyarakat agar zakat, infaq dan sedekah yang disalurkan juga akan terus bertambah bagi kesejahteraan umat.

"Selama ini kita konsen di ASN, mulai Oktober ini kita coba menjadikan kalurahan, puskesmas dan KUA kita beri kotak infaq resmi dari BAZNAS sebagai UPZ (Unit Pengumpul Zakat) sehingga masyarakat umum juga bisa ikut menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya," katanya.

BACA JUGA : Nglarisi Petani, Baznas Jogja Borong 1 Ton Sayur dan Dibagikan Cuma-Cuma

Penjabat Sementara Bupati Bantul Adi Bayu Kristanto, menyampaikan bahwa pembangunan sumberdaya manusia merupakan salah satu prioritas di Kabupaten Bantul. Dengan meningkatnya kualitas sumberdaya manusia, masyarakat akan semakin Tangguh dan dapat melahirkan beragam inovasi untuk menghadapi tantangan yang ada.

"Semoga sinergi antara BAZNAS dengan Pemerintah Kabupaten Bantul akan dapat mempercepat dalam menuntaskan kesejahteraan sosial, penuntasan kemiskinan, dan pembangunan sumberdaya manusia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komitmen Zero Burning Practices Bawa KLHK Raih Penghargaan Peringkat I Green Eurasia 2024

News
| Rabu, 02 Oktober 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement