Advertisement

Nglarisi Petani, Baznas Jogja Borong 1 Ton Sayur dan Dibagikan Cuma-Cuma

Alfi Annisa Karin
Rabu, 31 Juli 2024 - 18:17 WIB
Sunartono
Nglarisi Petani, Baznas Jogja Borong 1 Ton Sayur dan Dibagikan Cuma-Cuma Baznas Kota Jogja membeli sayur langsung dari petani imbas dari harga sayuran yang anjlok belakangan ini. Sayur lantas dibagikan secara cuma/cuma kepada kaum dhuafa / Dokumentasi Baznas Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jogja melakukan pembelian satu ton sayuran langsung kepada petani di Magelang belum lama ini. Ini merupakan wujud kepedulian Baznas lantaran beberapa waktu terakhir harga sejumlah komoditas sayuran anjlok. Sayuran ini dibeli dengan harga standar.

Sekretaris Baznas Kota Jogja Misbahrudin menuturkan awalnya Baznas Kota Jogja mendapatkan bantuan sayuran secara gratis dari petani asal Magelang. Saat itu, sayuran yang diberikan berupa sawi dan pokcoy sebanyak 800 kilogram. Sepekan kemudian, Baznas Kota Jogja lalu memutuskan untuk membeli sayuran-sayuran dari petani itu. Misbahrudin mengatakan, pihaknya menggelontorkan dana hingga sekitar Rp 6,5 juta. Itu meliputi pembelian berbagai sayuran mulai dari sawi, cabai, buncis, dan sayuran lainnya.

Advertisement

BACA JUGA : Pemkot Jogja Sabet 3 Penghargaan Baznas Award 2024

"Itu kurang lebih 1 ton dari Baznas dan 1,3 ton dari Masjid Diponegoro," ujar Misbahrudin saat dikonfirmasi, Rabu (31/7/2024).

Dia menambahkan, pembelian sayuran ini menggunakan anggaran fidyah dan kafarat Baznas Kota Jogja. Ini sejalan dengan kegunaan dana fidyah dan kafarat yang memang digunakan untuk keperluan bantuan makan dan minum. Misbahrudin juga memastikan sayuran dibeli dengan harga standar. Bahkan, sayuran cabai yang saat ini tengah meroket harganya dibeli dengan harga Rp 65.000 per kilogram. Dia menuturkan, petani merasa senang dan berterima kasih.

"Meskipun harganya anjlok tetap ada pembeli yang membeli. Mereka juga sudah memasuki masa tanam berikutnya, kalau tidak dipanen kan mubadzir," tuturnya.

Sayuran lantas dibagikan secara cuma-cuma kepada kaum dhuafa melalui pondok pesantren, panti asuhan, rumah tahfidz, hingga kepada jamaah melalui berbagai masjid. Tak hanya sayur saja, Baznas Kota Jogja juga menambahkan produk lain seperti beras, telur, dan abon. Abon merupakan produk olahan pada saat Iduladha beberapa waktu lalu.

"Jadi niat utamanya memang untuk nglarisi petani kemudian membantu dhuafa, orang kurang mampu," kata Misbahrudin.

Dia mengatakan, pembelian sayuran langsung dari petani ini tak hanya berhenti sampai di sini. Misbahrudin mengatakan, ke depan akan terus dilanjutkan. "Insya Allah, di satu sisi menguntungkan petani, lalu juga bagi mustahik atau penerimanya," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komitmen Zero Burning Practices Bawa KLHK Raih Penghargaan Peringkat I Green Eurasia 2024

News
| Rabu, 02 Oktober 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement