Advertisement

Dispar Bantul Siapkan Sejumlah Event untuk Dongkrak Kunjungan Wisatawan Sampai Akhir Tahun

Newswire
Senin, 07 Oktober 2024 - 15:37 WIB
Ujang Hasanudin
Dispar Bantul Siapkan Sejumlah Event untuk Dongkrak Kunjungan Wisatawan Sampai Akhir Tahun Suasana Pantai Parangtritis di akhir pekan pada Minggu (21/11/2021) - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul menyiapkan beragam ajang pertunjukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan terutama ke kawasan wisata pantai selatan daerahnya.

"Kalau event dari Dinas Pariwisata yang belum tahun ini tinggal pertunjukan seni tari Sendratari Sang Ratu pada bulan Desember di kawasan Pantai Parangtritis," kata Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji di Bantul, DIY, Senin.

Advertisement

Sejumlah pertunjukan sebagai hiburan kepada masyarakat dan pengunjung wisata pantai sebelumnya sudah digelar dan mampu menyedot kunjungan, seperti Festival Layang Layang, Festival Lampion dan terakhir Jogja Air Show pada akhir September di Pantai Depok.

"Kemudian, nanti di sekitar bulan November juga ada event Ngayogjazz di Sanden. Kami berharap penonton pertunjukan musik tersebut ada yang 'mlipir' (berkunjung) ke destinasi kawasan pantai selatan," katanya.

Dia mengatakan sejumlah event pertunjukan di lokasi destinasi tersebut disampaikan dan diinformasikan melalui biro perjalanan yang menjadi mitra pemerintah, dalam mempromosikan dan meningkatkan daya tarik.

BACA JUGA: Kustomfest 2024 Jadi Magnet Kunjungan Wisata ke DIY

"Tentunya kita memberi informasi destinasi atau event lewat pelaku wisata khususnya biro perjalanan. Kemudian, juga menjaga destinasi tentang kebersihan, pelayanan pelaku wisata," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, berdasarkan data kunjungan wisatawan ke semua destinasi Bantul, selama bulan September, Bantul telah dikunjungi sebanyak 169.300 wisatawan dengan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp2,45 miliar.

Sedangkan total kunjungan wisatawan ke Bantul selama 2024, sejak Januari sampai September sebanyak 1.843.876 orang dengan penerimaan PAD sektor pariwisata sebesar Rp23 miliar.

Dengan sejumlah ajang pertunjukan tersebut, kata dia, diharapkan dapat menjadi daya tarik kunjungan wisata ke Bantul, dan berdampak pada perolehan PAD wisata di tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Maling Jarah Rumah di Gamping Sleman

Maling Jarah Rumah di Gamping Sleman

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Dinas Anggota DPR RI Dinilai Tak Layak Huni, Sekjen Cek Langsung ke Lokasi

News
| Senin, 07 Oktober 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement