Advertisement

Wow! Event WJNC #9 Menghasilkan 12 Ton Sampah, Naik 2 Ton Dibandingkan Tahun Lalu

Alfi Annisa Karin
Selasa, 08 Oktober 2024 - 18:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Wow! Event WJNC #9 Menghasilkan 12 Ton Sampah, Naik 2 Ton Dibandingkan Tahun Lalu Ilustrasi sampah. Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Gelaran Wayang Jogja Night Carnaval (WJNC) #9 yang digelar pada Senin malam (7/10/2024) menyisakan sebanyak 12 ton sampah atau naik 2 ton dibandingkan tahun lalu.

Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja Ahmad Haryoko menjelaskan kebanyakan sampah berupa sampah plastik dan plastik alas duduk. "Tahun lalu sekitar 10 ton, naik 2 ton karena semakin banyak pedagang kalau tadi malam,” ujar Haryoko saat dikonfirmasi, Selasa (8/10/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Pemda DIY: Pemkot Bisa Kelola Sendiri Sampah WJNC

Haryoko menambahkan sampah mulai diangkut pada pukul 23.30 WIB. Pihaknya turut mengerahkan sebanyak 40 personil dengan dua armada compactor, satu unit rood sweeper, dan 8 kendaraan roda 3. Pembersihan membutuhkan waktu setidaknya 2-3 jam.

“Sampah dibawa ke unit pengolahan di Sitimulyo, Piyungan,” imbuhnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto menuturkan pihaknya terus berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan sampah. Terkait dengan gelaran WJNC, Sugeng menyebut jajarannya telah melakukan pengondisian. Terlepas dari ada atau tidak adanya event, membuat Kota Jogja bersih merupakan bagian dari komitmennya.

Dia juga memastikan program penyelesaian persoalan sampah masih terus berlanjut. Meski, dia tak memungkiri 4 lokasi pengolahan sampah belum beroperasi secara optimal. Ini juga menjadi alasan mengapa depo di beberapa titik tampak sampah yang menumpuk.

“Kalau depo kosong malah sangat mungkin sampahnya di tempat lain. Kita 4 titik itu belum bisa menyelesaikan 200 ton perhari, depo pasti masih ada tumpukan, meski depo sempat dikosongkan walaupun hanya hitungan jam,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Momen Haru Pertemuan Orang Tua dengan Pendaki Asal Semarang Naomi yang Hilang 3 Hari di Gunung Slamet

News
| Selasa, 08 Oktober 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement