Advertisement

Jaga Keseimbangan Kota dan Kelestarian Lingkungan, Dispertaru Jogja Gelar Lomba Hantaru

Alfi Annisa Karin
Rabu, 09 Oktober 2024 - 22:47 WIB
Arief Junianto
Jaga Keseimbangan Kota dan Kelestarian Lingkungan, Dispertaru Jogja Gelar Lomba Hantaru Poster lomba Hantaru 2023 yang diinisiasi oleh Dispertaru Kota Jogja / Instagram Dispertaru Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Kota Jogja memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) yang jatuh pada 24 September. Berbagai kegiatan lomba digelar untuk memeriahkan peringatan Hantaru di Kota Jogja.

Kabid Tata Ruang Dispertaru Kota Jogja, Pamungkas menuturkan kali ini pihaknya mengusung tema Hijau Kampungku, Lestari Jogjaku. Tema ini diambil mengingat pentingnya peran kampung dalam penataan kota.

Advertisement

Menurut Pamungkas, strategi pemantapan dan pengembangan hierarki sistem perkotaan dalam rencana tata ruang wilayah Kota Jogja dilaksanakan dengan memperkuat citra kawasan pada skala kota sampai skala kampung. Terutama pada kampung bersejarah sebagai cikal bakal berkembangnya daerah.

Lomba ini ditujukan untuk mengajak masyarakat, pelajar, dan komunitas di Kota Jogja agar berpartisipasi aktif dalam menjaga keseimbangan antara pembangunan kota dengan kelestarian lingkungan.

"Wilayah Kota Jogja terbentuk berdasarkan kampung-kampung. Kampung ini mempunyai karakteristik berbeda-beda. Untuk itu kami menyelipkan tema Hijau Kampungku," ujar Pamungkas di Balai Kota Jogja, Rabu (9/10/2024).

Pamungkas mengatakan pihaknya akan menggelar berbagai lomba. Diantaranya adalah lomba penulisan esai, lomba desain poster, lomba video reels, hingga lomba desain kawasan kampung.

Dia menjelaskan lomba ini menyasar pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Peserta juga tak dibatasi asal daerah ataupun domisili.

Pamungkas menuturkan periode pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan pada 4  September hingga 25 Oktober 2024. Lalu, penjurian karya akan dilakukan pada 26 Oktober hingga 1 November 2024. Sementara pemenang akan diumumkan pada November 2024.

Dispertaru Kota Jogja akan melibatkan juri dari berbagai profesional. Di sisi lain, Dispertaru juga turut menyiapkan sejumlah hadiah untuk total 25 orang pemenang dari masing-masing jenis lomba.

"Untuk hadiah selain ada piagam penghargaan, ada uang pembinaan. Kami ambil 5 juara, besaran tertingginya untuk juara I sebesar Rp 3 juta. Total hadiah mencapai Rp 70 juta," imbuhnya.

Pamungkas menuturkan puncak acara Hantaru ada pertengahan November. Masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam lomba dengan melakukan pendaftaran melalui laman https://bit.ly/PendaftaranHantaru2024.

Dia berharap kegiatan ini dapat mengasah ketrampilan dan kreativitas generasi muda serta masyarakat umum.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan inovasi dalam penataan ruang hijau di kampung-kampung yang menjadi bagian dari identitas khas Kota Jogja.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilot Turkish Airlines Meninggal Dunia Usai Lepas Landas, Pesawat Mendarat Darurat

News
| Kamis, 10 Oktober 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement