Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Bawen Dikebut, Seksi 1 Tembus 95,29%, Seksi 6 Capai 78,06%

Catur Dwi Janati
Jum'at, 11 Oktober 2024 - 15:07 WIB
Ujang Hasanudin
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Bawen Dikebut, Seksi 1 Tembus 95,29%, Seksi 6 Capai 78,06% Potret kontruksi Tol Jogja-Bawen. - Istimewa // PT JJB

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Progres pengadaan lahan untuk proyek Tol Jogja-Bawen terus digencarkan. Pengadaan lahan diharapkan dapat mempercepat pengerjaan konstruksi di lahan-lahan bebas. 
Direktur Utama PT JJB, A.J Dwi Winarsa mengungkapkan hingga September 2024 lalu, progres pembebasan lahan di ruas Seksi 1 Ruas Jogja-Simpang Susun (SS) Banyurejo telah mencapai angka 95,29%. Progres yang masif juga terlihat pada pembebasan lahan di Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen yang kini juga telag menunjukkan angka 78,06%. Dengan makin banyaknya lahan bebas, penggarapan konstruksi dapat segera dilakukan. 

"Saat ini, fokus pembangunan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen merupakan konstruksi Seksi 1 Ruas Yogyakarta-SS Banyurejo sepanjang 8,80 kilometer, dan Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen sepanjang 4,98 kilometer. Konstruksi di kedua seksi ini tengah menjadi prioritas utama," ungkap Dwi pada Jumat (11/19/2024).

Advertisement

Meski telah menyentuh angka 95,29%, Dwi menambahkan pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) untuk pembebasan lahan di ruas Jogja-SS Banyurejo akan terus digencarkan. Dwi menambahkan jika saat ini pembayaran ganti rugi telah direalisasikan ke tujuh desa yang ditargetkan akan selesai tahun ini. 

"Desa-desa tersebut meliputi, Desa Tirtoadi, Desa Margomulyo, Desa Margokaton, Desa Margodadi, Desa Sumberejo, Desa Tambakrejo dan Desa Banyurejo," ungkapnya.

BACA JUGA: Konstruksi Tol Jogja-Bawen Ruas Ambarawa-Bawen Tembus 34,09 Persen

 Upaya percepatan pembebasan lahan serupa juga pada sejumlah tanah karakteristik khusus. Sama dengan tanah milik warga, pembebasan tanah karakteristik juga dipatok rampung tahun ini.

"Untuk sisa tanah yang belum dibebaskan, seperti tanah karakteristik khusus, tanah wakaf dan tanah instansi juga ditargetkan akan selesai tahun ini," tandasnya. 

Selain mengejar pembebasan lahan di ruas Jogja-SS Banyurejo, pengembang tol juga mendorong pembebasan lahan Seksi 6 di Ruas Ambarawa-Bawen. Sebagian desa terdampak dalam ruas ini juga telah menerima uang ganti rugi.

"Terkait dengan pembebasan lahan Seksi 6 di Ruas Ambarawa-Bawen, terdapat empat desa yang terdampak atas Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, meliputi Desa Kandangan, Desa Doplang, Kelurahan Bawen serta Desa Kupang, yang sebagian besar bidang telah melakukan pembayaran UGK," tuturnya. 

Sebelumnua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadan Tanah Tol Jogja-Bawen, Dian Ardiansyah menuruturkan pengadaan tanah bakal lokasi Tol Jogja-Bawen hanya menyisakan sedikit sisa-sisa bidang tanah saja. "Kalau Jogja-Bawen itu tinggal sedikit sebenarnya, Seksi 1 itu tinggal sekitar 2% lagi," terang Dian pada Selasa (1/10/2024)

Sisa lahan yang belum bebas ini secara umum disebabkan sejumlah persoalan. Persoalan itu di antaranya lahan yang ditolak LMAN karena permasalahan administrasi dan lahan-lahan yang masih menunggu hasil validasi dari BPN.

"PR kami menyelesaikan kemarin yang tertolak-tertolak di LMAN. Sama menunggu validasinya dari BPN sekitar ada 26 bidang yang belum keluar," tandasnya. 

Akan tetapi Dian optimis pengadaan tanah proyek Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Junction Sleman-Simpang Susun Banyurejo dapat tuntas di bulan Oktober. Dia hanya berharap tidak ada lagi penolakan oleh LMAN sehingga proses ganti rugi bisa segera dilakukan. 

"Insyaallah kami optimis di bulan Oktober ini semua sudah diajukan ke LMAN. Cuma kami berharap apa yang kita sudah ajukan ke LMAN itu enggak ada penolakan lagi, jadi 100% tutup buku," ujarnya. 

"Kalau kami sih target kami tetap 2024, malah penginnya kami di bulan ini semua selesai, tinggal 2%," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Tentara Indonesia Jadi Korban Serangan Israel di Lebanon, Begini Kondisinya

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement