Advertisement

Debat Pilkada Bantul Dimulai 1 November 2024, Ini Persiapan Ketiga Paslon dan KPU Bantul

Jumali
Senin, 14 Oktober 2024 - 12:47 WIB
Maya Herawati
Debat Pilkada Bantul Dimulai 1 November 2024, Ini Persiapan Ketiga Paslon dan KPU Bantul Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah calon bupati dan wakil bupati yang berkontestasi di Pilkada Bantul mengaku sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi debat yang digelar oleh KPU Bantul pada 1, 8 dan 15 November mendatang.

Meskipun sampai saat ini, para calon calon bupati dan wakil bupati yang berkontestasi di Pilkada Bantul belum mengetahui tema dan materi yang akan didebatkan nantinya.

Advertisement

Debat perdana digelar pada 1 November 2024 melibatkan antarcalon wakil bupati Bantul. Sementara debat kedua digelar pada 8 November melibatkan antarcalon bupati Bantul. Untuk debat ketiga atau debat terakhir digelar pada 15 November yang melibatkan antar pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Calon Bupati Bantul Joko Purnomo mengaku meski mengetahui jika debat untuk antarcalon bupati Bantul digelar 8 November 2024, namun dirinya mengaku tidak menyiapkan apa-apa.

"Untuk debat mengalir sajalah, tidak mempersiapkan apa-apa. Karena sampai saat ini materi dan tema debatnya, saya juga belum mengetahui," kata Joko, Senin (14/10/2024).

Terpisah calon Wakil Bupati Bantul Aris Suharyanta mengaku meski belum mengetahui tema dan materi yang akan didebatkan pada debat antarcalon wakil bupati Bantul, pada 1 November 2024. Namun, saat ini dirinya sudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi debat tersebut.

"Segera kami siapkan. Ya, kami akan fokus terkait visi misi dan juga, nantinya," ucap Aris.

Calon Wakil Bupati Bantul Wahyudi Anggoro Hadi menyatakan, sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi debat  antarcalon wakil bupati Bantul, pada 1 November 2024. Salah satu bentuk kesiapan tersebut, kata dia, adalah berkaitan dengan penajaman visi-misi, dan memahami kembali RPJMD.

"Kami memang belum mendapatkan pemberitahuan dari KPU terkait dengan materi yang akan didebatkan.Tapi, kami mulai hari ini secara serius mempersiapkan diri," ucap Wahyudi.

BACA JUGA: Stadion Sultan Agung Bantul Dilarang untuk Kampanye Pilkada, Ini Daftar 14 Lapangan yang Diizinkan KPU

Susun Materi Debat

Ketua KPU Bantul Joko Santosa mengatakan, materi debat sepenuhnya ada di KPU. Saat ini, KPU kata dia,  telah melakukan persiapan awal terkait dengan pelaksanaan debat antarcalon dan paslon yang digelar pada 1, 8 dan 15 November mendatang.

Sejauh ini, KPU Bantul juga  telah menetapkan delapan orang panelis dan moderator tiga orang.  Di mana, semua panelis dan moderator dari akademisi dan pakar.

Adapun delapan orang panelis yang ditetapkan tersebut adalah Sri Peni Wastuningsih (UGM), Juang Gagah Mardhika (APMD), Phil Ridho Alhamdi (UMY), Muhammad Najih Parihanto (UAD), Zamzam Afandi (UIn Suka), Hifdzil Alim (Hicon Law & Police Strategi), Fera Nurficahyanti Nurcahyo (HIPMI Bantul), Ninik (SIGAB Indonesia).

Sedangkan tiga moderator yang memimpin jalannya debat adalah Tunjung Sulaksono (UMY), Kamila Salsabila (UAD) dan Feri Anggara (TVRI).

"Dan, nanti akan ada FGD sebelum tanggal pelaksanaan debat 1,8 dan 15. Sebelum kesitu, kami susun FGD dan unsur masyarakat. FGD pertama digelar tanggal 17 Oktober dan lalu ada dua FGD lagi. Setelah itu tim panelis dan perumus akan merumuskan tema debat yang akan diambil saat debat," ucap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

NasDem Tak Gabung Kabinet Prabowo, Saan Mustofa: Bukan Opisisi, Kita Tetap di Barisan Pemerintah

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement