Advertisement

Ratusan Lampu Penerangan Jalan di Ring Road Selatan Dilaporkan Mati, BPTD DIY: Sudah Menyala

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:57 WIB
Maya Herawati
Ratusan Lampu Penerangan Jalan di Ring Road Selatan Dilaporkan Mati, BPTD DIY: Sudah Menyala Foto ilustrasi lampu penerangan jalan umum yang kurang memadahi / StockCake

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Ring Road Selatan dilaporkan mati. Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Yogyakarta mengklaim seluruh LPJU telah menyala.

Kepala Bidang Perlengkapan Jalan, Dishub Bantul, Agus Sutomo menuturkan sekitar dua bulan lalu jawatannya bersama dengan beberapa instansi terkait mengecek kondisi alat perlengkapan jalan di Ringroad Selatan. Dari situ, ditemukan ada ratusan LPJU yang tidak menyala.

Advertisement

"Karena itu menjadi kewenangan BPTD [DIY], maka sudah kami sampaikan untuk dilakukan penggantian armature," ujarnya, Selasa (15/10/2024).

Agus menuturkan lantaran LPJU di Ringroad Selatan menjadi kewenangan BPTD Kelas III Yogyakarta, maka pihaknya telah menyampaikan hasil pengecekan kondisi LPJU di Ringroad Selatan ke BPTD Kelas III Yogyakarta.

Dia menuturkan, selama ini, Dishub Bantul menerima aduan masyarakat terkait mengimbau agar masyarakat terkait LPJU yang tidak menyala, baik di jalan nasional, provinsi, kabupaten, maupun jalan desa.

Menurutnya, meskipun Dishub Bantul hanya berwenang untuk pengadaan dan pemeliharaan LPJU di jalan kabupaten dan desa, namun tetap menerima laporan kerusakan LPJU di ruas jalan lain. Terhadap laporan yang masuk, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak yang berwenang.

BACA JUGA: 7 SD dan 2 TK di Sleman Jadi Percontohan Makan Bergizi Gratis

Dia pun mengimbau agar masyarakat segera melaporkan apabila ada LPJU di wilayah Bantul yang tidak menyala.

"Terkait dengan pengaduan [alat kelengkapan jalan yang rusak] di jalan nasional, provin,i atau kabupaten bisa mengadu ke hotline Dishub Bantul, nanti kami lihat kewenangannya, kalau ke BPTD [DIY], akan kami sampaikan ke instansi terkait," katanya.

Sedangkan Staf BPTD Kelas III Yogyakarta, Karsi mengakui ada beberapa LPJU yang sempat mati di Ringroad Selatan, meski begitu menurutnya pihaknya telah melakukan penggantian lampu di ruas jalan tersebut. "Sudah diperbaiki semua [LPJU yang mati]," ujarnya.

Karsi menyebut jawatannya telah melakukan perawatan rutin terhadap ratusan LPJU yang ada disana. Sehingga, ketika ada LPJU yang tidak menyala, maka pihaknya akan melakukan pengecekan di sana. Lalu ketika dibutuhkan penggantian, maka pihaknya akan segera mengganti perangkat tersebut.

Lebih lanjut, menurutnya ratusan LPJU yang ada di Ring Road Selatan telah sesuai kebutuhan. Sehingga menurutnya dalam waktu dekat tidak diperlukan tambahan LPJU di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Korupsi Basarnas, KPK Lacak Kepemilikan Tanah Tersangka

News
| Selasa, 15 Oktober 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement