Advertisement

Malam Ini Pagar Proyek Tol Joglo-YIA Dipasang di Tengah Ring Road, Simak Jalur Alternatifnya

Catur Dwi Janati
Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Malam Ini Pagar Proyek Tol Joglo-YIA Dipasang di Tengah Ring Road, Simak Jalur Alternatifnya Ilustrasi suasana proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 di Tirtoadi. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Penggarapan konstruksi proyek Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman mulai menyasar Ring Road pada Oktober ini. Pemasangan Pagar Proyek Daur Ulang (PPDU) dan beton barrier pekan ini, membuat pengendara mulai tak bisa lewat tengah Ring Road dan dialihkan ke lajur lambat. 

Humas Proyek Tol Jogja Solo Seksi 2 Paket 2.2 PT Adhi Karya, Agung Murhandjanto menjelaskan pemasangan PPDU dan beton barrier akan mulai dilaksanakan pada Selasa (15/10/2024) malam, tepatnya pada pukul 21.00 WIB. Pagar proyek ini akan dipasang sepanjang kurang lebih 600 meter dari timur Simpang Kronggahan hingga tikungan Nglarang di jalan Ring Road.

Advertisement

Proyek tol di atas Ring Road ini membentang dari Ring road di barat kampus UTY menuju ke arah barat hingga lurus tembus ke tikungan Nglarang.

Proyek jalan tol melayang ini akan memakan jalan di tengah Ring Road selebar 12 meter menyisakan jalan selebar sembilan meter di sisi utara dan selatan.

Pagar proyek dan beton barrier akan diletakkan di sisi terluar dari 12 meter tersebut. Sementara ruas jalan sisanya di luar area pagar bisa digunakan para pengendara untuk melintas. "Menjorok ke dalam, 12 meter di tengah [Ring Road]," ujarnya.

Selama pemasangan pagar mulai dikerjakan, pengendara sudah tidak bisa melintas di area tengah Ring Road. Pengendara akan diarahkan ke lajur lambat Ring Road yang sebelumnya telah dilebarkan dan dibongkar separatornya.

Lantaran sudah tidak ada lagi pemisah antara lajur cepat dan lajur lambat, praktis kendaraan di Ring Road akan melintas dalam satu lajur selama proyek tol di area tengah Ring Road berlangsung. "Iya, yang jalur lambat itu kan sudah kita gabung sepanjang 600 meter," tandasnya. 

Pemasangan pagar proyek pembatas antara area penggarapan tol yang berada di dalam pagar dan area luar pagar untuk lalu lintas kendaraan ini diestimasi akan memakan waktu 7-10 hari. 

Supaya jalannya lalu lintas lancar saar pemasangan pagar mulai dilakukan, pengembang Tol Jogja-Solo-YIA akan menurunkan sejumlah personel yang terdiri dari flag man dan petugas K3 serta meminta bantuan dari kepolisian untuk pengamanan. Papan informasi adanya proyek dan sejumlah jalur alternatif juga telah disiapkan menyusul mulai masuknya pengerjaan di tengah Ring Road.

Rekayasa Lalu Lintas

Rekayasa lalu lintas yang disampaikan berasal dari konsultan andalalin sebelumnya telah dipresentasikan dalam forum lalu lintas.

Pengendara dari arah Magelang yang ingin menuju Purworejo dan sebaliknya, pengendara bisa melintasi Jl. Ring Road Timur menyambung ke arah Jl. Ring Road Selatan. Selanjutnya untuk pengendara dari arah Solo yang ingin menuju Purworejo dan sebaliknya bisa langsung melintas bia Jl. Ring Road Selatan. Untuk pengemudi dari Solo menuju Magelang bisa melintas di Jl. Ring Road Timur menyusuri Jl. Ring Road Utara hingga berbelok ke Jl. Magelang di area Jombor.

Selain rute yang telah ada, pihak tol juga telah menyiapkan rute alternatif untuk sepeda motor dan mobil pribadi serta rute alternatif tensendiri untuk kendaraan berat. Untuk sepeda motor dan mobil pribadi, rute alternatif yang dapat dilewati untuk menghindari proyek pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA di simpang empat Kronggahan yakni dari Jl. Magelang ke arah barat menuju Pasar Sleman, lalu ke arah Pasar Cebongan, sampai simpang Munggur menuju simpang Patukan dan tembus ke Pasar Gamping. 

Di sisi lain untuk kendaraan berat atau semua jenis truk, pengendara bisa mengambil rute alternatif dari Jl. Magelang ke simpang Denggung menuju Jl. Ring Road Utara ke arah Jl. Ring Road Selatan lalu menuju Pasar Gamping dan Jl. Wates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Calon Menteri Tim Ekonomi di Kabinet Prabowo-Gibran

News
| Selasa, 15 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement