Advertisement

Pemkab Sleman Gencarkan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia untuk Cegah Stunting

Catur Dwi Janati
Rabu, 16 Oktober 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Pemkab Sleman Gencarkan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia untuk Cegah Stunting Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) pada Rabu (16/10/2024) di Prima SR Hotel./ ist - Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman mengadakan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Zero Stunting. Meski angka stunting atau tenggelam terus menurun, zero stunting menjadi target bisikan Pemkab Sleman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK), Samsul Bakri mengungkapkan pembinaan KPM digelar sebagai langkah untuk meminimalkan pertumbuhan angka stunting di Sleman. Total ada 104 KPM di Kabupaten Sleman yang selanjutnya dihadirkan untuk berdikusi mengenai langkah pencegahan stunting kepada masyarakat.

Advertisement

"KPM ini akan bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga diharapkan penanganan stunting dapat lebih optimal dan menghasilkan angka yang semakin turun," kata Samsul, di Prima SR Hotel, Rabu (16/10/2024).

Lebih jauh Samsul mengungkapkan prevalensi stunting di Kabupaten Sleman kembali menurun dari angka 4,51 persen menjadi 4,41 persen. Kendati terus mengalami penurunan, Samsul terus berupaya mewujudkan Sleman bersih dari stunting atau zero stunting

"Penanganan stunting membutuhkan peran dari semua pihak. Harapan kami dengan pembinaan KPM ini dapat menambah pemahaman masyarakat untuk bersama menangani stunting," katanya.

Pjs. Bupati Sleman, Kusno Wibowo menilai KPM memang memegang peranan penting dalam upaya pencegahan stunting. KPM lanjut Kusno harus berperan aktif dalam memastikan setiap kelompok sasaran cegah stunting mendapatkan edukasi dan layanan yang berkualitas. Khususnya pada 1000 Hari Pertama Kehidupan.

BACA JUGA: Heboh Penemuan Gua di Lokasi Proyek JJLS Planjan Gunungkidul

Kusno juga mengimbau kepada KPM untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk mengukur prevalensi stunting.

"Meskipun angka stunting Sleman menunjukkan trend penurunan setiap tahunnya, saya mengingatkan bahwa ini harus menjadi motivasi bagi kita untuk terus menekan angka stunting di Kabupaten Sleman," katanya.

KPM juga diharapkan Kusno menggunakan pembinaan dengan pendekatan humanis kepada masyarakat juga perlu diperhatikan oleh KPM.

"Saya berharap pembinaan ini dapat digunakan sebagai wadah saling bertukar pikiran antar para kader dan bersama-sama mengevaluasi dan menemukan solusi atas kendala yang mungkin ditemui di lapangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Calon Menteri Kabinet Prabowo Dijadwalkan Ikut Pembekalan di Akmil Magelang

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement